suzuki
smg

GANTI PER KLEP DENGAN YANG LEBIH KERAS


Pada kali ini kami akan mengupas tentang penggantian per klep (pegas katup)dengan yang lebih keras. Banyak kalangan anak muda memodifikasi motor hariannyadengan mengaplikasi ( Meniru ) motor ROAD RACE dengan mengganti per klep yang lebih keras. Mari kita kupas lebih dalam apabila kita ingin mengganti per klep dengan yang lebih keras.

Tujuan Utama penggunaan per klep dengan yang lebih keras adalah untuk mengurangi terjadinya klep/katup floating ( telat Balik ), yang akan mengakibatkan dengan menurunnya tenaga motor (ngempos). Penggantian per klep dengan yang lebih keras, jangan sampai terlalu keras karena akan berakibat beratnya kruk-as memutar noken-as (cam). Selain itu noken-as dan rocker arm (pelatuk) akan cepat aus karena terkikis.

Kesimpulannya adalah dengan memakai klep yang terlalu keras akan berakibat kerugian mekanis yang tinggi, yang ujung - ujungnya mengakibatkan menurunnya OUTPUT mesin. Jadi kalau mau mengganti per klep yang lebih keras harus memperhitungkan Bobot klep dan karakter RPM mesin.

Maksudnya adalah semakin ringan bobot klep, tidak di perlukan per klep dengan tingkat kekerasan (spring rate) Tinggi. Sebaliknya semakin berat klep dan karakter mesin lebih sering bergasing di RPM atas harus didukung per klep yang lebih keras.

Kekuatan Per klep (pegas katup) ditentukan oleh Diameter kawat ulir, Material, Tekukan (coil bend), dan tingkat kekerasan (spring rate).

Demikian gambaran tentang penggantian per klep dengan yang lebih keras, semoga bermanfaat.