Perbedaan Karburator motor 4 tak dan 2 tak


Laskar SUZUKI, kali ini bang admin ingin menjelaskan tentang cara membedakan antara karburator motor 2 tak (2 langkah) dan motor 4 tak (4 langkah). Para laskar SUZUKI wajib mengetahui ciri - ciri fisik dari kedua jenis karburator tersebut, karena jika dipaksakan untuk saling tukar akan berakibat performa motor tidak maksimal bahkan bisa terjadi boros bahan bakar.

Apa saja ciri - ciri fisik dari karburator motor 2 tak dan 4 tak ...???

1. Karburator 2 tak mempunyai mulut karburator yang lebih lebar jika dibandingkan dengan mulut karburator motor 4 tak. Hal ini dikarenakan kevakuman mesin pada motor 2 tak relatif lebih rendah dan singkat dibandingkan dengan motor 4 tak. Dengan diameter mulut karburator yang lebih besar, dapat membantu mesin motor 2 tak untuk memasukkan volume udara lebih banyak

2. Biasanya pada karburator 2 tak ada nipel tempat oli samping masuk, posisi nipel oli biasanya berada di dekat intake manifold. tetapi ada juga yang posisi nipel olinya berada di intake manifold, tergantung jenis motor 2 tak-nya.

3. Biasanya jarum skep motor 2 tak lebih pendek dan penurunan pengerucutannya lebih drastis dibandingkan dengan jarum skep karburator motor 4 tak. Hal ini juga berkaitan dengan karakter motor 2 langkah yang lebih agresif dibandingkan motor 4 langkah.