PERILAKU BIKERS YANG MEMBUAT BOROS BENSIN

Sebenarnya konsumsi bahan bakar kendaraan juga di pengaruhi oleh bagaimana cara kita mengendarai dan memperlakukan kendaraan kita. Apabila kita memaksakan mesin bekerja secara berat, secara otomatis konsumsi bahan bakar akan menjadi boros pula. Inilah perilaku bikers yang secara disadari atau tidak, yang akan membuat boros bahan bakar kendaraan anda :

1. MEMANASKAN MESIN SECARA BERLEBIHAN
Memanaskan mesin sangat di perlukan, karena pada saat dingin piston belum memuai, sehingga oli dan kompresi dapat menyelinap antara piston dan liner.
Tetapi jangan memanaskan mesin secara berlebihan, kurang lebih 1 menit saja sudah cukup. Apabila memanaskan motor secara berlebihan akan mengakibatkan mesin overheat, karena rata - rata motor di Indonesia mengandalkan terpaan angin sebagai pendingin mesin.

2. MENGGUNAKAN ENGINE BRAKE SECARA BERLEBIHAN
Engine brake biasa di gunakan untuk membantu pengereman, tetapi jangan sering - sering menggunakan engine brake. Karena pada saat engine brake, ruang bakar meminta pasokan campuran bahan bakar dan udara lumayang banyak.
Jadi untuk menghentikan laju roda, yang utama lebih baik memakai rem saja. Engine brake hanya di gunakan sewaktu - waktu saja apabila di perlukan.

3. MENGGANTUNG GAS PADA RPM TINGGI
Sebisa mungkin jangan menggantung gas melebihi 7.500rpm. Apabila rpm telah mencapai 6000rpm, cepat - cepatlah memindahkan gigi perseneling pada posisi yang lebih besar. Dengan begitu power motor akan tatap stabil dan konsumsi bahan bakarlebih hemat.

4. TIDAK SENGAJA MENGINJAK REM BELAKANG
Kebiasaan ini sering dilakukan pada motor tipe sport dan bebek. Secara terus menerus kampas rem menempel pada tromol / piringan cakram. Selain boros kampas rem, juga akan membuat laju kendaraan akan bertambah berat ujung-ujungnya boros bahan bakar.

5. GIGI TETAP MASUK PADA SAAT DI LAMPU MERAH
Pada saat di lampu merah, usahakan posisi gigi perseneling pada posisi netral atau 0. Karena jika kita tetap memposisikan gigi perseneling pada posisi masuk sambil menarik tuas kopling, akan mengakibatkan boros kampas kopling dan posisi gas lumayan besar, akhirnya boros bensin juga khan.