Merawat Bearing/laher agar awet

Secara sistem pelumasan Bearing dibagi dua yaitu bearing yang di lumasi oleh grease, contohnya bearing roda dan bearing yang dilumasi langsung secara kontinyu oleh oli, contohnya bearing as-kruk pada mesin. Untuk bearing yang dilumasi oleh oli (didalam mesin) tidak akan kami bahas, karena tidak memerlukan perawatan. Nah, yang akan kita bahas adalah bearing yang berada di luar mesin.

Mengapa kita akan membahas perawatan bearing, karena bearing suatu part yang sering di lupakan perawatannya oleh pemilik kendaraan bermotor. Padahal tugas dari bearing sangat vital dan menentukan keseimbangan dari laju kendaraan itu sendiri.
Apabila bearing tidak di rawat dengan baik akan mengakibatkan :
1. Keseimbangan laju roda akan kacau dan bisa - bisa akan mengakibatkan kecelakaan
2. Rusaknya part rem cakram yang di akibatkan oleh tidak stabilnya putaran roda
3. Getaran yang berlebihan pada roda dan akan di teruskan ke seluruh bodi kendaraan
4. Dll

Bagaimanakah caranya agar bearing roda kendaraan kita awet?
Inilah hal - hal yang perlu di perhatikan agar bearing kita awet:
1. Pada waktu pemasangan bearing baru, usahakan jangan mengelap grease yang ada pada bearing, karena grease yang ada pada bearing baru sudah di formulasikan khusus untuk bearing.
2. Usahakan jangan menambah grease secara berlebihan, karena penambahan grease yang berlebihan akan mengakibatkan menumpukan grease dan lama kelamaan grease akan mengundang kotoran untuk masuk ke dalam bearing.
3. Jangan sekali - kali membuka kedua penutup bearing, apabila akan menambahkan grease usahakan membuka penutup bearing pada sebelah bagian saja. Dan pasang bearing yang telah terbuka penutupnya menghadap ke dalam dan yang masih lengkap dengan penutupnya menghadap keluar, agar air hujan yang mengandung asam tidak masuk ke dalam bearing.
4. Pada saat berkendara usahakan seminimal mungkin untuk tidak melindas jalanan yang berlobang, karena akan mempercepat umur bearing.
5. Apabila di salah satu bearing mengalami kerusakan/oblak, gantilah bearing secara bersamaan di kedua sisinya.