STROKE UP UNTUK MATIK SUZUKI

Mengacu pada artikel saya sebelumnya, untuk menambah akselerasi awal motor matik. Selain lewat merubah roller CVT dengan yang lebih ringan, jika kurang puas dapat juga dengan memodifikasi mesin dengan modifikasi memanjangkan langkah piston (Stroke Up). Mengapa harus Stroke Up bukannya Bore Up (membesarkan Piston), karena liner selonsong silinder matik SUZUKI memakai sistem SCEM sehingga tidak bisa di oversize.

Ada beberapa cara proeses Stroke Up, yang pertama dengan membeli Pen Stroke Up after market yang kedua dan cara yang paling sering di lakukan dengan tetap menggunakan setang piston standar. Triknya, lubang asli di kruk as di tutup, lalu dibuat lubang pen lagi dengan posisi lebih keluar.



Dengan cara kedua maksimal Stroke Up 3mm, sehingga total perubahan stroke menjadi 6mm. 3mm naik dan 3mm turun. Dan jangan lupa untuk menambah paking almunium setebal 3mm pada blok silinder, agar kepala piston tidak bertabrakan dengan klep atau mentok kepala silinder.

Masih kurang puas,???? Ada cara alternative dengan menggunakan setang milik SUZUKI Smash yang lebih pendek dari dari setang bawaan matik SUZUKI. Dengan tampa menambah paking di blok silinder, Stroke Up bisa mencapai 10mm.

Pada proses Stroke Up, rantai keteng atau rantai kamrat harus memakai yang lebih panjang. Solusinya bisa memotong dan menambahkan rantai keteng sejenis atau solusi kedua dengan memakai rantai kamrat bekas yang sudah memanjang (mulur)
Dan yang paling penting setelah Proses Stroke Up selesai , jangan lupa untuk men-balance ulang kruk as motor matik anda.

Masih Kurang puas.?????
Sebaiknya jangan, karena motor kesayangan anda bisa menjadi mesin pembunuh bagi Tuannya.