suzuki
smg

EFEK DARI PENGGUNAAN KNALPOT FREE FLOW


Mulai awal tahun kemaren, kota Jember di marakkan oleh motor yang menggunakan knalpot free flow atau biasa di sebut knalpot brong. Apa sih keuntungan, kerugian dan efek yang di timbulkan dari penggunaan knalpot free flow. Free flow sendiri artinya dalam bahasa Indonesia adalah aliran bebas, maksudnya aliran gas buang yang berasal dari ruang bakar mesin dialirkan secara loss tampa sekat dalam knalpot. Yang terjadi adalah tidak adanya tendangan balik dari sekat knalpot yang membantu klep buang untuk kembali keposisinya setelah langkah buang.

Mari kita bahas satu persatu tentang keuntungan dan kerugian dari penggunaan knalpot free flow....

Keuntungan : Kelebihan dari knalpot free flow adalah karena knalpot tampa sekat, prosess pembuangan gas buang ke udara sangat lancar. Efeknya adalah tarikan motor lebih responsif dari pada memakai knalpot standar.

Kerugian : Selain tidak adanya tendangan balik dari knalpot yang membantu klep untuk kembali ke posisinya, mesin akan terjadi overheating atau kepanasan karena gas yang di keluarkan tidak seimbang dengan gas yang masuk. Solusinya adalah setting kembali karburator motor anda.