suzuki
smg

EFEK PEMBAKARAN TIDAK SEMPURNA PADA MOTOR

Pembakaran tidak sempurna pada mesin motor banyak penyebabnya diantaranya, campuran bahan bakar dan udara yang tidak seimbang bisa terlalu boros bisa pula terlalu irit. Busi yang sudah lama tidak di ganti pun bisa jadi penyebab tidak sempurnanya pembakaran. Tapi kali ini saya tidak akan membahas mengapa motor pembakarannya tidak sempurna. Melainkan saya akan membahas Efek dari tidak sempurnanya pembakaran pada motor.

Yang pasti apabila pembakaran tidak sempurna pada mesin motor, motor akan nge-drop tenaganya. Dan yang paling berbahaya adalah polusi yang di timbulkan karena pembakaran tidak sempurna pada mesin. Coba kita praktekan pakai rumus kimia, cia.... sok tahu kimia aja, padahal nilai waktu SMA dapat 4 Wkwkwkwkwk............. (sorry jika salah).

Unsur kimia terbesar yang terkandung dalam bensin adalah C (karbon), H2 (hidrogen) dan S (belerang). Coba kita uraikan satu - persatu:

C (karbon)
Jika pembakaran sempurna menurut reaksi C+O2 = CO2 dan CO2 (karbon dioksida) masih bisa di filter atau di rubah menjadi O2 oleh pepohonan. Tidak berbahaya bagi tubuh manusia.
Jika pembakaran tidak sempurna atau terlalu boros menurut reaksi 2C+O2 = 2CO , gas CO (karbon monoksida) sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Apabila karbon terbakar hanya menjadi CO (karbon monoksida) alias pembakaran tidak sempurna, panas yang di hasilkan hanya 30% di bandingkan apabila karbon terbakar sempurna menjadi CO2 (karbon dioksida)ini yang mengakibatkan nge-dropnya tenaga motor.

H2 (hidrogen)
Hidrogen sering di namakan zat air, pada pembakaran sempurna akan di hasilkan Uap Air menurut reaksi adalah : 2H2+O2 = 2H20

S (sulfur/belerang)
Jika pembakaran sempurna belerang di bakar oksigen (O2) akan menjadi belerang dioksida (SO2). Menurut reaksi S+O2 = SO2. Belerang dioksida bersifat korosif bila bereaksi dengan air dan akan merusat logam yang di laluinya, terutama pada temperatur rendah.

Efek dari pembakaran tidak sempurna bukan hanya tenaga motor yang lebih rendah di bandingkan pembakaran sempurna, melainkan ada yang lebih penting yaitu polusi yang di timbulkan oleh pembakaran tidak sempurna yang sangat berbahaya dan merusak. Maka rawatlah motor anda dengan baik.
Rawatlah motor anda di jaringan Bengkel Resmi SUZUKI