suzuki
smg

LASER PENGGANTI BUSI

Cita - cita para ahli otomotif menggantikan busi dengan laser hampir menjadi kenyataan. Malah pada awal Mei 2011 ini sebuah tim pada Konferensi tentang Lasers dan Electro-Optics akan melaporkan temuan mereka yang telah berhasil merancang laser yang di gunakan pada mesin berbahan bakar bensin. Hasil yang akan di perlihatkan oleh tim para ahli adalah sinar laser yang dapat menghasilkan dua atau tiga sinar laser sekaligus yang langsung ditembakkan ke ruang bakar mesin dengan panjang sinar yang bervariasi.

Busi di temukan 150 tahun yang lalu, sampai sekarang tidak ada terobosan atau pengembangan yang berarti, pengembangan busi terbatas pada pembesaran api busi saja dan bahan busi itu sendiri. Karena itulah para ahli otomotif mencari alternatif pengganti busi, yaitu sinar laser.Dengan menggunakan laser, regulasi yang menuntut mesin harus makin irit bahan bakar dan ramah lingkungan, akan terpenuhi. Coba kita bandingkan saja, sinar laser yang di temukan dapat menembakkan dua sampai tiga sinar laser sekaligus. Hal ini tidak akan bisa di dapat pada busi paling mutahir sekalipun.

Permasalahan timbul karena untuk membangkitkan sinar laser di butuhkan perangkat yang extra besar dan permasalahan lainnya sinar laser yang sangat kuat bisa merusak kabel optik ke silinder sudah bisa diatasi. Caranya, tim membuat pembangkit laser seukuran ukuran busi yang dibungkus dalam keramik bubuk yang dipadatkan. Hasilnya, perangakat laser tersebut bisa dipasang di kepala silinder, serperti busi sekarang.

HEBAT KHAN...........????????????