suzuki
smg

TIPS HEMAT BAHAN BAKAR

Karena harga minyak dunia melambung tinggi pada tahun 2011 ini, pemerintah berencana akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). Dan pemerintah berencana akan membatasi penggunaan BBM untuk kendaraan. Bagaimanakah nasib para biker yang suka Touring?????. Oleh sebab itu kali ini kami akan membahas TIPS HEMAT BAHAN BAKAR untuk motor.

Perhatikan hal - hal berikut ini :

1. Pastikan filter udara pada motor selalu bersih, karena apabila kotor akan mengakibatkan terhambatnya pasokan udara ke ruang bakar. Pada akhirnya campuran bahan bakar dan udara menjadi kaya bahan bakar.

2. Periksa tekanan udara pada ban kendaraan, karena dengan berkendara dalam kondisi tekanan udara ban yang minim akan menambah beban kinerja mesin. Ujung - ujungnya Boros bahan bakar. Untuk mengetahui berapa tekanan ban yang pas untuk motor anda, perhatikan stiker di sekitar box CVT pada matik dan pada swing arm pada bebek dan motor sport. Lakukanlah pemeriksaan berkala setiap satu bulan sekali.

3. Kurangi beban motor, terutama bagi bikers yang senang touring. Apabila tidak sedang touring SIDE BOX dan REAR BOX mending di copot saja. Dengan pengurangan bobot kendaraan akan meringankan kinerja mesin motor anda.

4. Apabila tidak dalam keadaan mendesak jangan ngebut, lakukan econo riding. Berkendaralah dengan kecepatan 40 - 60 km/jam, apalagi di dalam kota.

5. Jangan berkendara dengan ala pembalap, yaitu dengan berakselerasi dan mengerem secara mendadak. Lakukan akselerasi dengan halus dan bertahap dan hindari mengerem secara mendadak, apabila ini bisa di lakukan akan menghemat bahan bakar 30%.

6. Gunakanlah oli yang lebih encer, misalnya SAE 10w-30, karena dengan oli encer putaran mesin akan lebih ringan.

7. Pada saat pagi hari, jangan memanaskan mesin terlalu lama. Cukup 1 menit saja, karena tehnologi pelumas saat ini dapat membentuk lapisan film pada setiap komponen mesin.

8. Hindari jalanan macet, para bikers pastilah tahu jam - jam sibuk dan padat di jalan.

9. Segera lepaskan throttle gas, apabila mau berhenti. Hal ini dapat langsung mengurangi pasokan bahan bakar pada mesin.

10. Periksa kelurusan putaran ban / velg, dengan tidak lurusnya putaran roda akan mengakibatkan boros bahan bakar.

11. Cucilah kendaraan dengan bersih, terutama pada bagian mesin. Karena kotoran yang menempel pada mesin mempengaruhi terhambatnya pelepasan panas mesin.