suzuki
smg

Jarak dan Kecepatan Aman untuk mendahului kendaraan

Saat ini peningkatan jumlah kendaraan di jalanan tidak di ikuti dengan lebar dari jalanan itu sendiri. Oleh sebab itu karena semakin banyaknya kendaraan, kita harus paham cara – cara mendahului kendaraan lain di depan kita. Karena apabila kita tidak paham celakalah akibatnya. Oleh sebab itu kami berikan sedikit trik untuk pengendara pemula agar paham tehnik mendahului yang benar..

Berikut ini adalah tips berkendara sebelum mendahului kendaraan lain di depan kita :

1.Pastikan tidak ada kendaraan lain dari arah berlawanan.
2.Pastikan ruang atau celah yang cukup lebar untuk mendahului.
3.Pastikan jarak aman dengan kendaraan dari arah berlawanan.
4.Pastikan ruang di depan kendaraan yang akan di dahului mencukupi.
5.Pastikan ada atau tidak adanya kendaraan lain yang ingin juga mendahului, melalui kaca spion sebelah kanan.


Panduan jarak dan waktu aman mendahului :

Selisih kecepatan antara kendaraan yang di dahului dengan kecepatan kendaraan kita minimal 10km/jam
1.Jika kecepatan kendaraan yang akan kita dahului 30Km/jam, berarti kendaraan kita minimal kecepatannya 40Km/jam. Jarak aman kendaraan yang akan di dahului dengan kendaraan kita apabila akan mendahului adalah 22 meter. Jarak yang di perlukan untuk mendahului 188 meter. Dan waktu untuk mendahului 16,9 detik.

2.Jika kecepatan kendaraan yang akan kita dahului 40Km/jam, berarti kendaraan kita minimal kecepatannya 50Km/jam. Jarak aman kendaraan yang akan di dahului dengan kendaraan kita apabila akan mendahului adalah 32 meter. Jarak yang di perlukan untuk mendahului 320 meter. Dan waktu untuk mendahului 23 detik.

3.Jika kecepatan kendaraan yang akan kita dahului 50Km/jam, berarti kendaraan kita minimal kecepatannya 60Km/jam. Jarak aman kendaraan yang akan di dahului dengan kendaraan kita apabila akan mendahului adalah 44 meter. Jarak yang di perlukan untuk mendahului 516 meter. Dan waktu untuk mendahului 31 detik.

Kondisi di atas panjang kendaraan yang akan di dahului adalah 5 meter, apabila ada kendaraan dari arah berlawanan angka di atas perlu di kalikan