suzuki
smg

Peremajaan Matik SUZUKI

Mengapa kebanyakan pabrikan motor memberi garansi mesin sampai batas 3 tahun. Karena setelah 3 tahun pemakaian, motor akan turun performanya dan perlu peremajaan. Komponen apakah yang perlu di ganti dan di perbaiki, mari kita bahas satu persatu komponen yang perlu peremajaan pada matik SUZUKI....

BEARING DRIVE GEAR RODA BELAKANG

Output putaran CVT berlangsung dari primary sheave, secondary sheave, kemudian menggerakkan drive gear dan driven gear yang satu poros dengan roda belakang. Dari keberadaan ke-empat poros ini, yang paling rawan mengalami gejala oblak atau kerusakan adalah sektor drive gear roda belakang.

Sebab, mekanis yang diterima sifatnya menjadi penerus putaran mesin ke roda serta mereduksi kekuatan putaran mesin saat dilakukan pengereman atau saat melintasi tanjakan. Kalau modul gigi tahan terhadap kerja berat yang diterima. Tapi bearing sebagai dudukan dan pelicin putarannya sering mengalami oblak atau kerusakan.

Alhasil dalam prakteknya setelah deceleration atau tali gas di lepas akan timbul suara tekk….tekkk… menanganinya perlu dilakukan pembongkaran perangkat CVT serta pemeriksaan bearing, kalau sampai timbul kendala seperti ini.

V-BELT

Komponen ini termasuk komponen yang mempunyai tugas berat, seperti halnya rantai pada motor bebek. Setelah tahun 2007 banyak di keluhkan karena naiknya harga V-Belt SUZUKI, naiknya harga V-Belt SUZUKI di pengaruhi oleh penggantian komponen dengan yang lebih baik dan lebih tahan lama.

Cek kelayakan dari V-Belt cukup gampang apabila V-Belt telah mengalami keretakan pada sisi luar apabila di tekuk, segera ganti V-Belt dengan yang baru dengan komponen asli SUZUKI (SGP)

KAMPAS SENTRIFUGAL

Berada di poros secondary sheave atau driven face. Tinggi rendahnya rpm untuk menjalankan motor matik kuncinya ada di sini. Dimana ketika kampas sentrifugal mengalami keausan, maka jeda kampas sentrifugal mengkopel mangkuknya makin lama. Disini penyakit motor matik yang kemudian dianggap lebih boros dari motor bebek.

Tapi dari fakta yang terjadi, tak hanya disebabkan lantaran kampas sentrifugal yang aus saja. Tapi terbakarnya kampas sentrifugal bisa jadi penyebabnya. Sebab, saat kampas sentrifugal kontak dengan mangkuk nya jadi licin. Untuk pertolongan pertama, bisa membersihkan permukaan kampas sentrifugal dengan sikat besi, untuk membuat permukaan baru.

ROLLER

Ganti roller yang sudah peyang atau tidak silindris lagi. biasanya peyangnya roller di sebabkan adanya kotoran sehingga roller bekerja tidak sempurna