suzuki
smg

Piston kok bisa retak, pecah dan bolong ya......

Untuk menjawab pertanyaan pada judul di atas, mari kita kembali ke bangku sekolah untuk belajar Ilmu kimia. Wuakwkwkwkwk..... bosen belajar mlulu pak guru. Piston retak atau pecah dan bolong diakibatkan oleh beban kompresi yang berlebihan. Piston tersusun atas partikel - partikel atom, jika piston pecah atau retak berarti stuktur penyusun atom piston mengalami kerusakan.

Ikatan antar partikel - partikel atom tersusun sangat rapat pada stuktur kristal. Struktur kristal sangat berpengaruh terhadap kemampuan tehnik material. Kekuatan ikatan antar atom tiap logam berbeda begitu juga dengan struktur kristal.

Saat pemanasan terjadi, logam sekuat mungkinmenahan gaya luar yang merusak struktur kristal. Kekuatan struktur kristal terbatas pada suhu tertentu biasanya di sebut rekristalisasi. Suhu rekristalisasi inilah yang berbahaya bagi logam karena apabila logam melewati suhu rekristalisasi dan kembali dingin struktur kristal akan berubah, Nach..... proses inilah yang mengakibatkan piston jadi pecah, retak, gopel - gopel dan bolong.