suzuki
smg

Efek dari lubang pernafasan mesin tersumbat

Pada artikel kemarin, kami menerangkan fungsi dari lubang pernafasan mesin. Nah, sekarang saya akan mengulas efek yang akan timbul jika lubang pernafasan mesin tersumbat. Dan pada artikel ini sekarang, kami juga akan menerangkan cara mengecek lubang pernafasan oli tersumbat atau tidak.


Efek yang akan timbul jika lubang pernafasan oli tersumbat adalah:
1. Mesin akan menjadi cepat panas karena tidak ada sirkulasi udara di dalam mesin.
2. Seal oil atau oli sil pada klep atau katup dan sil magnet akan cepat rusak, efeknya oli akan merembes ke ruang bakar dan akan ikut terbakar sehingga knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Selain tersumbatnya lubang pernafasan mesin. Ada efek buruk lainnya jika kita tidak merawat lubang pernafasan mesin. Lubang pernafasan mesin biasanya terhubung dengan box filter udara. Apabila Box filter di lepas lubang pernafasan mesin akan terhubung langsung dengan udara bebas dan akan beresiko masuknya air ke dalam mesin. Yang akan mengakibatkan rusaknya kwalitas oli mesin karena tercampur air.

Untuk perawatan, sebaiknya pada saat servis rutin dan penggantian oli mesin, lubang oli di semprot dengan angin kompresor. Jika angin yang berasal dari kompresor keluar dari lubang pembuangan oli. Itu berarti lubang pernafasan mesin dalam keadaan baik dan perawatan ini sebaiknya dilakukan setiap kali servis rutin.