suzuki
smg

Elektrik starter dan segala permasalahannya

Bentuknya memang kecil, tetapi mempunyai kekuatan yang besar itulah dinamo starter. Dinamo starter berfungsi menghidupkan mesin motor. Tugas dari dinamo starter sangatlah berat, selain melawan kompresi mesin dan gesekan komponen mesin. Dinamo starter juga harus melawan kekentalan oli pada saat pagi hari, oleh sebab itu untuk para biker saya sarankan untuk menggunakan kick starter pada saat menstart motor pada pagi hari.

Dinamo starter bertugas mempermudah para biker untuk menghidupkan mesin motor. Terkadang para biker sampai lupa, jika motornya di lengkapi kick starter. Mereka selalu mengandalkan elektrik starter untuk menghidupkan motornya. Tetapi jika elektrik staternya mulai rewel para biker mulai bingung untuk memperbaikinya. Nah untuk menganalisa kerusakan elektrik starter mari kita urut dari gejala kerusakannya...

1. Apabila dinamo starter tidak mau atau berat untuk berputar, cek tegangan aki motor sobat. Jika tegangan di bawah 10 volt segera re-charge atau isi kembali aki motor anda.





2. Apabila dinamo starter tidak berputar dan tegangan aki normal 12 volt. Periksa relay dari dinamo starter. Jika masih bisa berbunyi tek tek tek berarti saklar atau tombol elektrik satater masih berfungsi dan giliran kita memeriksa terminal pada relay yang menuju dinamo starter. Coba anda cek, apakah tegangan yang berasal dari aki sampai di terminal dinamo starter. Apabila tegangan sampai di terminal dinamo stater berarti relay dinamo starter kondisinya masih baik. Jika tidak segera ganti relay dinamo starter motor anda.

3. JIka relay dinamo starter kondisinya masih baik, segera bawa motor anda ke jaringan Bengkel resmi SUZUKI (Beress) untuk penanganan lebih lanjut. Bisa jadi dinamo starter memerlukan penggantian sikat atau brush atau biasa orang bengkel bilang kol boster.

4. Jika dinamo starter sanggup berputar normal, tetapi mesin tidak bergasing. Atau elektrik starter kadang bisa kadang tidak untuk memutar mesin. Bisa jadi di sebabkan oleh roces atau rumah roces aus. Roces dan rumahnya biasanya bersemayam di belakang magnet.






5. Permasalahan lainnya pada elektrik starter adalah pada saat starter di fungsikan pada mesin timbul bunyi TEK. Segera periksa per atau pegas roces, di kwatirkan pedas telah aus. Apabila di biarkan akan merusak komponen lainnya.

Semoga bermanfaat........