suzuki
smg

Pasang saklar pada motor AHO

Sebenarnya undang - undang lalu lintas no.22 tahun 2009 telah menetapkan untuk motor (R2) di wajibkan menyalakan lampu utama pada siang hari. Dan SUZUKI adalah pabrikan motor pertama di Indonesia yang mengaplikasi lampu utama dengan sistem automatic headlamp on (AHO). Tetapi sampai saat ini, kebijakan SUZUKI untuk meniadakan saklar lampu utama menjadi kontroversi antara pro dan kontra. Dan untuk para biker yang motornya memakai sistem AHO dan akan menambah saklar on/off lampu utama dapat mengikuti langkah - langkah mudah berikut :

1. Sebelum membongkar ada baiknya anda membeli saklar yang sesuai dengan motor anda, untuk motor SUZUKI harganya berkisar antara 14.000 - 21.000 Rupiah tergantung tipe motor.







2. Setelah itu congkel penutup tempat saklar lampu utama dekat tombol elektrik starter. Dan di lanjutkan dengan pemasangan saklar lampu.







3. Setelah kelar pemasangan saklar dilanjutkan dengan memfokuskan pada pengkabelan. Pada lampu utama motor SUZUKI biasanya ada tiga kabel Hitam strip putih, kuning dan putih.







4. Agar tidak ribet, pemenggalan di lakukan pada kabel hitam strip putih saja. Karena kabel hitam strip putih adalah kabel ground (GND).

5. Langkah selanjutnya adalah perhatikan kabel pada saklar. Pada saklar lampu terdapat 4 kabel, 2 kabel untuk lampu utama dan 2 kabel untuk lampu senja. Nah tugas anda selanjutnya adalah mencari kabel untuk saklar lampu utama.

6. Setelah itu kita sambungkan salah kabel pada saklar lampu utama dengan kabel yang menuju lampu utama. Dan satu kabel lagi di sambungkan dengan kabel hasil pemenggalan tadi







7. Deng deng.......Selesai. Lampu anda sekarang memakai saklar.