suzuki
smg

Beda bahan Jaket, beda cara cucinya

Perlengkapan bikers yang paling utama selain helm adalah jaket. Untuk para bikers jangan lupa untuk menjaga kebersihan jaket, apalagi di pakai setiap hari. Jaket akan gampang bau karena dari dalam terserang bau keringat kita dan dari luar terkena kotoran asap knalpot bus dan truk yang hitam pekat. Dari sagi bahan jaket secara garis besar di bedakan menjadi tiga, yaitu berbahan kulit, parasut/parasit dan jeans. Mari kita bahas satu persatu cara mencucinya...

Jaket berbahan kulit, cara mencucinya dengan di cuci dengan sistem kering. Cuci sistem kering maksudnya jeket di siram dengan cairan khusus, setelah itu di keringkan dengan cara di semprot dengan udara bertekanan tinggi. Untuk mengeringkan jaket, cukup di angin - anginkan saja jangan sampai terkena sinar matahari lansung karena akan merusak jaket. Pencucian jangan terlalu sering cukup 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

Jaket berbahan Parasut atau sering orang bilang parasit, cara mencucinya adalah dengan direndam di larutan air sabun, beri sedikit kucekan pada jaket setelah itu di bilas dan di jemur. Di jemurnya jangan pada saat matahari sedang terik, cukup sinar matahari pagi atau sore hari. Dan yang perlu diingat jaket bahan parasut jangan sekali - kali di setrika. Karena bahan akan mengkerut dan bisa - bisa bolong.

Jaket berbahan Jeans, cara mencucinya adalah dengan di rendam seperti kita mencuci baju biasa. Biarkan rendaman selama 1 jam kemudian kucek jaket dengan kuat, jika kotoran masih melekat kuat bantu dengan sikat. Setelah kotoran lepas semua, bilas jaket dan keringkan jaket dengan cara menjemur di terik matahari.