suzuki
smg

Cairan Rem DOT-5, Jangan di campur dengan DOT yang lain

Untuk para biker yang ingin menggunakan cairan rem DOT 5 untuk berhati - hati, karena cairan Rem DOT 5 tidak bisa menyatu dengan cairan ren DOT 3 dan DOT 4. Memang DOT 5 lebih baik karena tahan panas dari pada DOT 4 dan DOT 3 dan sering di gunakan di motor balap, tetapi karena bahan dasarnya berbeda cairan tersebut sulit menyatu.

DOT 3 dan DOT 4 berbahan dasar berbahan dasar polyalkylene gylcol dan DOT 5 berbahan dasar silikon. Jika di paksakan di campur maka cairan DOT 5 akan berada di atas cairan DOT 3 atau DOT 4. Dan kelemahan yang lain dari DOT 5 adalah jika terkontaminasi dengan air rem akan ngeblong, karena berat jenis silikon bahan dasar DOT 5 lebih ringan di bandingkan air. Lain halnya dengan DOT 3 & 4 yang berbahan dasar polyalkylen gylcol dapat menyatu dengan air, tetapi terkontaminasinya cairan rem akan menurunkan kinerja rem dan dapat menimbulkan gelembung udara, sehingga rem gampang masuk angin.

Jika tetap bersikeras ingin menggunakan DOT 5, pergunakanlah cairan rem 5.1 yang berbahan dasar polyalkylene gylcol seperti DOT 3 & 4. Kemampuan DOT 5.1 sama dengan DOT 5 dalam hal menahan gempuran panas dari kaliper rem.