suzuki
smg

Keuntungan motor memakai dua lampu

Saat ini banyak motor memakai lampu depan dengan dua bohlam, contohnya SUZUKI SHOGUN 125, SUZUKI SATRIA FU, SUZUKI SKYDRIVE, SUZUKI HAYATE. Sebenarnya apa sih keuntungan dari motor yang memakai 2 buah bohlam lampu depan bila di bandingkan dengan motor yang memakai satu bohlam.

Keuntungan yang pertama adalah jika motor mengalami putus bohlam pada malam hari, kita masih mempunyai satu bohlam lagi yang menyala untuk penerangan.

Keuntungan yang kedua adalah karena ada dua buah bohlam, arus dari kiprok di bagi dua. Sehingga beban yang di tanggung tiap bohlam tidak terlalu berat, dan menjadikan bohlam lebih awet.

Tetapi motor dengan dua bohlam ada kekurangannya juga. Jika salah satu bohlam mati, sebaiknya kedua bohlam di ganti secara bersama - sama. Karena jika di ganti satu saja, cahaya dari bohlam baru dengan bohlam yang telah lama di pakai akan berbeda. Sehingga membuat mata pengendara kurang nyaman.

Dan sekedar tips, periksa konektor bohlam setiap 5 bulan sekali. Karena sejak di berlakukannya sistem AHO (Automatic Headlamp On) pada motor, beban panas yang di terima konektor bohlam akan terus menerus yang akan berakibat melelehnya konektor bohlam. Dan apabila bohlam anda sering putus atau tidak tahan lama. Coba cek penyuplai arus listrik terutama di bagian kiprok, siapa tahu kiprok anda sudah jebol alias rusak.