suzuki
smg

Perlengkapan Rider Motocross

Selama 7 tahun terkhir, kota jember di landa demam motocross. Ini di karenakan Bupati Jember MZA. Djalal sangat suka dengan motocross, sampai - sampai staf bupati Jember hampir semuanya memiliki motocross meskipun motor biasa yang di modifikasi menjadi motocross. Puncaknya pada tahun 2009 kota jember mengadakan event besar internasional motocross yaitu Internasional motocross dan Internasional Supercross. Apa saja sih perlengkapan dari rider motocross. Mari kita bahas satu persatu kebutuhan para rider motocross.....







1. Helm Khusus Motocross
Helm motocross beda dengan helm biasa, helm motocross di lengkapi dengan pet agar pengendara tidak silau. Dan pada dagu di desain agak monyong karena rider motocross membutuhkan oksigen ekstra alias ngos - ngosan pada saat berkendara.






2. Google
Kacamata khusus motocross desainnya mirip kacamata renang tetapi mempunyai sirkulasi udara. Google bertugas menjaga agar mata rider terhindar dari lontaran kerikil dan lumpur.








3. Sarung tangan Motocross
Sarung tangan motocross berbeda dengan sarung tangan pembalap jalan raya yang rata - rata terbuat dari bahan kulit. Sarung tangan motocross terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat sehingga tetap nyaman meskipun tangan rider berkeringat.







4.Knee Protector
Pengaman lutut ini bertugas pada saat rider jatuh dari motor. Knee Protector menahan benturan pada lutut, tempurung lutut, tulang kering dan sistem engsel lutut. Biasanya terbuat dari bahan plastik keras, di dalamnya ada busa peredam di sertai tali pengikat.







5. Elbow Protector
Serupa dengan Knee Protector tetapi letaknya di sikut tangan. Bertugas melindungi sikut dari cidera.







6. Kidney belt
Pengaman ini bertugas melindungi ginjal dan tulang ekor. Bentuknya mirip korset atau setagen.







7. Body Protector
Rompi khusus motocross ini terbuat dari plastik keras. Berguna untuk melindungi rider dari benturan keras di sekitar dada, perut, bahu, dan punggung.







8. Jersey
Kaos khusus motcross ini di buat khusus agar cepat melepas keringat sehingga rider tidak mudah dehidrasi.







9. Celana Motocross
Celana rider motocross harus tebal dan kuat agar tidak mudah rosek saat terjatuh.






10. Sepatu Motocross
Sepatu matocross di rancang dengan bahan kulit tebal dan kokoh, sehingga dapat melindungi kaki rider pada saat terjatuh dari motor.