suzuki
smg

Servis ringan, Matik SUZUKI tetap Iriiiittttttttt........

Matik SUZUKI memang hebat, dengan kapasitas mesin 125cc menjadikan motor lebih responsif dan tarikan lebih oke dari motor matik lainnya yang beredar di Indonesia. Selain lebih responsif, matik SUZUKI terkenal dengan keiritan bahan bakarnya. Dengan kapasitas mesin besar kita tidak perlu memelintir gas terlalu dalam untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Agar matik SUZUKI tetap pada kondisi optimal, perlu dilakukan servis ringan secara rutin. Sebaiknya lakukan servis ringan motor matik SUZUKI anda di jaringan Bengkel Resmi SUZUKI.

Tetapi jika anda memaksakan ingin merservis motor anda sendiri, saya kasih panduan sedikit tentang servis ringan pada motor matik SUZUKI.

Yang pertama, setel kerenggangan katup / klep. Jika katup kendor, suplai campuran bahan bakar dan udara kedalam mesin akan berkurang. Sehingga kita akan memelintir gas lebih dalam dan akan mengakibatkan motor boros bahan bakar. Setel ulang celah katup pada posisi 0,07mm pada katup masuk dan 0,10mm, setelan ini di gunakan pada SUZUKI SKYDRIVE saya, hehehehehe......

Yang kedua, bersihkan karburator motor matik anda, terutama pada dudukan main jet. Biasanya pada dudukan main jet timbul kerak putih sehingga menghambat udara sekunder yang membantu pengkabutan bahan bakar. Apabila itu terjadi bahan bakar tidak akan terkabut secara sempurna, ujung - ujungnya motor boros bahan bakar. Selain dudukan main jet, komponen karburator yang juga perlu di perhatikan adalah tabung atau piston choke. Karena piston choke rentan macet akibat nyelonongnya air hujan maupun air pada saat kita mencuci motor. Untuk mengakali itu semua, berikan sedikit pelumas di sekeliling piston choke.

Yang ketiga, Komponen yang harus di bersihkan adalah filter udara. Karena komponen ini begitu vital harus di perhatikan secara baik. Jika filter udara kotor akan mengakibatkan terhambatnya suplai udara ke dalam ruang bakar. Sehingga campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang alias bahan bakar terlalu banyak. Cara menservisnya adalah dengan tiupan angin dari kompresor dengan tekanan angin sedang karena jika tekanan angin terlalu kuat di khawatirkan filter udara menjadi sobek.

Jika anda tidak ingin ribet dengan semua perkerjaan servis ringan di atas, bawa saja motor matik anda ke jaringan servis SUZUKI dan anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 25.000,- semua pasti Beressss.....