suzuki
smg

Kemudi bergetar, Akibat cakram tidak normal

Sistem rem cakram memang sangat populer saat ini, sampai - sampai motor bebek saat ini mengaplikasi double disk brake atau dobel rem cakram. Di posisikan pada roda depan dan belakang. Selain lebih pakem, pendinginan rem cakram juga lebih bagus dari pada rem jenis tromol atau drum. Tetapi apakah rem cakram tidak ada kelemahannya.????

Tentu saja ada, kelemahan dari rem cakram adalah apabila pemasangan atau piringan cakran tidak rata akan mengakibatkan kemudi akan bergetar. Jangan salahkan komponen roda apabila kemudi bergetar, karena apabila pemasangan cakram tidak tepat juga akan mengakibatkan kemudi bergetar.

Yang di maksud pemasangan yang tidak tepat adalah apabila cakram motor anda di ganti dengan yang lebih besar. Pemasangan kaliper membutuhkan adaptor, nah biasanya biang keladinya pada adaptor. Bisa saja adaptor kurang tebal (kuat) atau bisa saja adaptor tidak lurus, sehingga sulit menjepit piringan cakram.

Dan yang di maksud dengan piringan cakram oleng (bergelombang), piringan cakram tidak rata bisa di lihat dengan cara meletakkan piringan cakram di atas kaca. Jika piringan bergelombang akan terlihat jelas. Piringan cakram bergelombang bisa di akibatkan karena terkena benturan keras pada piringan cakram.

Apa saja efek yang akan timbul jika pemasangan tidak tepat atau piringan rem cakram oleng tetap di paksakan di gunakan.
Yang pertama adalah suara berisik cit cit cit akibat gesekan permukaan piringan cakram yang bergelombang dengan kampas rem.

Yang kedua adalah cepat tipisnya kampas rem yang di akibatkan karena gesekan yang di timbulkan pada bidang piringan cakram yang bergelombang pada saat rem tidak di fungsikan.

Yang ketiga adalah bocornya sil piston kaliper yang di akibatkan karena daya dorong kembali yang di lakukan kampas rem pada saat rem cakram di fungsikan dan melewati piringan cakram yang bergelombang.

Yang keempat adalah terkuncinya rem cakram yang di akibatkan karena tekanan yang kuat pada saat pengereman. Karena jika kampas rem menekan bidang yang tidak rata ada kemungkinan rem cakram akan terkunci.

Yang kelima adalah membaranya piringan cakram karena selalu bergesakan dengan kampas rem meskipun rem tidak di fungsikan.