suzuki
smg

Kerja Bareng SUZUKI - YOSHIMURA

Yoshimura adalah rumah produksi Racing Parts yang telah menjalin hubungan kerjasama dengan Suzuki selama lebih dari 30 tahun.. Maka tidak heran apabila kita menemui Logo Yoshimura terpampang pada Motor-motor balap Suzuki diberbagai kejuaraan internasional.

Suzuki dan Yoshimura seperti saudara kandung yang tidak dapat dipisahkan. Bahkan hampir seluruh Parts Racing penambah kecepatan di produksi oleh pabrikan yang bertempat di 6748 Nakatsu, Aikawa, Aiko, Kanagawa 243-0303 Japan ini.. Terutama untuk motor-motor besar Suzuki.. Seperti Exhaust Pipe Muffler, Camshaft, Valve spring, carburetor, dan banyak Engine Tuning lainnya..

Nama Brand Yoshimura sendiri diambil dari nama keluarga sang pendiri (founder) Hideo Yoshimura.. Beliau pada awal mulanya adalah seorang mekanik pesawat terbang yang handal.. Kemampuannya memperbaiki pesawat sangat berguna di angkatan udara Jepang, yang pada saat itu sedang terlibat perang dunia ke dua. Namun seiring berakhirnya perang dunia, karier Hideo Yoshimura sebagai mekanik pesawat pun berakhir, sebenarnya beliau berniat untuk langsung membuka usaha Home Industries, memproduksi Racing Parts. Namun keterbatasan dana yang mengurungkan rencana besar tersebut. Beliau lalu beralih menjadi seorang mekanik, yang mengadu motor-motor Amerika peninggalan perang di lintasan Drag Race. Yang pada saat itu, memanfaatkan landasan pacu pesawat sebagai lintasannya. Di jepang pada saat itu, balapan ini sangatlah populer, mirip balapan Road Race di kita. Motor hasil garapan beliau selalu menang, maka namanya pun semakin dikenal.

Begitu juga pada salah satu kejuaraan balap ketahanan Suzuka 8-jam. Motor Suzuki GS1000 garapan beliau memenangkan balapan & membuat mata dunia tercengang. Karena balapan ini biasanya hanya didominasi oleh pabrikan lain, yang jenis motornya pun benar-benar motor balap tulen, spesial untuk menaklukan sirkuit. Sedangkan GS1000 Adalah Motor Type Touring, yang bukan diperuntukkan untuk beradu di lintasan balap. Tapi GS1000 tersebut menang fantastis, dengan meninggalkan jauh sekali kompetitornya.

Selanjutnya hubungan baik antara Suzuki dan Yoshimura pun terjalin kompak hingga sampai saat ini. Duet ini bahkan disegani oleh Team pabrikan lainnya dimanapun kejuaraannya..

Nah kali ini Yoshimura hadir di Indonesia untuk men-suport Suzuki dikancah Balap Nasional tertinggi di Indonesia, yang lebih kita kenal dengan sebutan INDOPRIX. Sejak awal tahun 2011 Yoshimura setia mendampingi team balap Suzuki.. Semua keluhan dari Mekanik & Pembalap ditampung dan diolah di Jepang Untuk selanjutnya di jadikan Parts Racing Unggulan yang baru.
















Karburator berwarna lebih gelap ciri khas Yoshimura.

Maka pemandangan Shock Breaker keren pada kedua team Suzuki adalah hal lumrah disini.. Ada pula support Racing Parts Lainnya seperti Carburetor, spring Valve, Camshaft, dll. Yang membuat Suzuki Smash Titan 115 semakin perkasa di lintasan balap..

Yoshimura tidak membiarkan Team Suzuki Indonesia sendirian berjuang, mereka mengutus Mr. Isono Mitsuaki R&D Yoshimura. Selama berada di Indonesia, pria berumur 38 tahun ini dengan sabar & tekun mendengarkan keluhan dari para Pembalap & Mekanik, dan dengan serius menjelaskan permasalahan teknik, walaupun dengan bahasa yang terbata-bata. Disusul kedatangan Mr.Takayuki Hirokawa. Technical Departement Manager. Yoshimura Japan.,LTD yang menambah semangat kerja di team Suzuki. Begitu juga Bp. Yudi Febrianto dari Racing division dari PT. Suzuki Indomobil Sales yang senantiasa mendampingi kedua utusan dari negeri matahari terbit tersebut bahkan saat cuaca panas extrim sekalipun. Terbukti dari Best Lap Time Team Suzuki yang semakin singkat. Artinya mereka bekerja sangat kompak dalam Team Suzuki.

















Spesial Production dari Yoshimura.. Artinya sengaja di order ke Yoshimura Japan hanya untuk Smash Titan 115 lho..

Dari hasil latihan selama ini, Team Suzuki beberapa langkah lebih maju. Buktinya bisa dilihat para pembalap Suzuki yang terus mempertajam waktu tempuh tiap lap-nya. Dikarenakan semua pembalap lebih mampu beradaptasi dengan Hihgspeed Cornering, maupun tikungan jenis Hairpin. Juga akselerasi makin mantap berkat Karburator khusus dari Yoshimura yang hanya terdapat di Team Suzuki. Tidak ketinggalan, Spring Valve anti floating, dan beberapa varian Camshaft untuk di cocokkan dengan keadaan Sirkuit.
Dari hasil latihan selama ini, Team Suzuki beberapa langkah lebih maju. Buktinya bisa dilihat para pembalap Suzuki yang terus mempertajam waktu tempuh tiap lap-nya. Dikarenakan semua pembalap lebih mampu beradaptasi dengan Hihgspeed Cornering, maupun tikungan jenis Hairpin. Juga akselerasi makin mantap berkat Karburator khusus dari Yoshimura yang hanya terdapat di Team Suzuki. Tidak ketinggalan, Spring Valve anti floating, dan beberapa varian Camshaft untuk di cocokkan dengan keadaan Sirkuit.
















Dengan akurat Mike-san menyetel Shock Breaker dari Yoshimura ini..

Nah. Jelas sudah teka-tekinya, kenapa prestasi Suzuki membaik. Semua itu berkat kerja sama yang baik antar Team Work SUZUKI bersama Yoshimura. Semoga hasil yang terbaik juga akan didapatkan bagi team andalan Suzuki nanti yang akan berlaga di Indoprix, Cargloss AHRS dan Chia Felix.