suzuki
smg

Agar awet, rawat rantai motor anda

Fungsi dari rantai motor adalah sebagai penerus daya, jadi peran dari rantai sangatlah vital. Jika tidak di rawat dengan benar akan mengalami keausan dengan cepat atau putus di tengah jalan. Bagaimana cara merawat rantai dengan benar?????

Merawat rantai yang benar dan yang paling utama adalah jangan biarkan rantai kering dari pelumas. Karena apabila rantai kering dari pelumas akan mengakibatkan korosi pada rantai dan gir.

Yang kedua adalah atur ketegangan rantai sesuai anjuran pabrikan motor. Karena apabila rantai terlalu kendur dapat mengakibatkan rantai lepas dari gir dan begitu juga sebaliknya jika rantai terlau tegang akan memberi beban lebih pada motor dan dapat berakibat putusnya rantai.

Yang ketiga adalah cuci rantai motor setiap 1 bulan sekali dengan solar agar kotoran yang menempel bisa lepas dari rantai. Jika ada kotoran membandel, gunakan sikat gigi bekas untuk merontokkan kotoran. Setelah itu lumasi rantai dengan chain lube atau pelumas baru.

Yang keempat adalah jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai. Karena pelumas atau oli bekas mengandung gram besi yang berasal dari mesin.

Yang kelima adalah perhatikan dan atur kelurusan gir depan dan gir belakang agar tetap sejajar. Karena jika tidak sejajar akan mengakibatkan cepat ausnya rantai dan gir.

Yang keenam adalah ganti rantai dan gir secara bersamaan. Karena jika gir dan rantai di ganti salah satu saja, komponen yang di ganti akan menyesuaikan pada komponen yang telah aus.