suzuki
smg

Evolusi SUZUKI SATRIA FU 150 di negeri asalnya

Jika kita kembali mengingat masa lalu, SUZUKI Satria FU 150 masuk ke Indonesia dari Thailand untuk menggantikan SUZUKI SATRIA RU 120 (2tak) yang produksinya di hentikan. Sejak awal peluncuran sampai tahun 2010, SUZUKI SATRIA kurang mendapatkan respon baik dari masyarakat. Kemungkinan besar karena modelnya yang aneh dan tidak seperti motor bebek pada umumnya. Tetapi sejak tahun 2010 sampai sekarang SUZUKI SATRIA menjadi motor SUZUKI yang paling laris di antara tipe motor SUZUKI yang lain. Tapi bagaimanakah sebenarnya evolusi dari SUZUKI SATRIA FU yang berasal dari bebek 110 menjadi bebek hypersport 150 di negeri asalnya Thailand.

Awal evolusi berasal dari bebek SUZUKI yang di beri label SUZUKI FX 110. Motor bebek tulen yang masih berknalpot lurus. Jika dilihat dari dekat mesin mirip banget dengan SUZUKI SHOGUN (FD110). Untuk bodi tidak pernah di pakai di oleh SUZUKI Indonesia, malah banyak di pakai oleh motor bebek ya berasal dari China alias Mochin. Dan masih memakai dual Shock breaker.

Evolusi kedua, SUZUKI menaikkan kapasitas mesin menjadi 125cc dan bermesin tegak dan di beri label SUZUKI FX 125. Tetapi bodi masih tetap bebek konvensional, tetapi ada perubahan di sektor shockbreaker belakang telah mengaplikasi Monoshock alias shockberaker tunggal. Dan bodi juga di jiplak habis oleh motor China.

Evolusi ketiga, SUZUKI mempertahankan kapasitas mesin tetap 125cc. Tetapi bodi di rombak habis yang semula bebek tulen menjadi ayam jago. SUZUKI Raider 125 itulah namanya, motor ini sempat di import oleh SUZUKI Indonesia bareng dengan SUZUKI RK cool dan SUZUKI FXR 150. Tetapi pada saat itu masyarakat Indonesia kurang menyukai motor dengan model ayam jago alias motor yang memakai shockbeaker depan panjang. Sistem rem juga di Upgrade menjadi double disk brake atau rem cakram depan belakang. Dan di Indonesia Double disk brake Raider 125 di pakai di SUZUKI SATRIA RU 120 yang diameter cakramnya sama depan dan belakang.

Evolusi keempat, Pihak SUZUKI menaikkan kembali kapasitas mesin menjadi 150cc dan di beri nama SUZUKI RAIDER 150. Dan perombakan bodi juga di lakukan, bodi belakang di buat serba meruncing kemungkinan besar agar motor aerodinamis. Perubahan juga di lakukan pada sektor penghenti laju roda. Yang semula cakram depan dan belakang diameternya sama, di buat berbeda. Cakram depan di buat super lebar mencapai 320mm. Dan striping inilah yang di pake SUZUKI Indonsia untuk motor SUZUKI SATRIA FU 150 pertama kali.

Evolusi kelima, pada kali ini perubahan tidaklah signifikan. Perubahan hanya ada pada pentup mesin samping, yang semula mesin terlihat dari samping pada SUZUKI New Raider 150 sudah tidak terlihat lagi. Nah model inilah yang masuk pertamakali ke Indonesia. Untuk SUZUKI Satria FU 150 pertama kali masih import dari Thailand, dengan ciri knalpot made in Thailand dan tanpa elektrik starter.

Nah, sekarang SUZUKI SATRIA 150 telah di produksi di Indonesia, cuma sebagian kecil komponen masih di import dari Thailand. Dan semoga, banjir di Thailand tidak menggangu produksi dari SUZUKI SATRIA FU150,, Amien,,,,,,,,,,,,,