Mencegah Ban Motor Rusak

Sebelumnya saya menuliskan sekaligus menjawab pertanyaan dari pengunjung blog lewat kontak kami yang berjudul "Ban, Tipis tidak rata". Sekarang akan saya ulas lebih dalam penyebab dan pencegahan rusaknya Ban Motor. Ban motor termasuk komponen vital pada motor, karena kestabilan dalam ban juga di tentukan oleh Ban motor. Ayo,.... kita bahas satu persatu.

1. Selalu periksa tekanan angin, karena apabila tekanan angin berkurang akan mengakibatkan tidak stabilnya kendaraan dan tekanan ban pada aspal akan berlebihan yang akan mengakibatkan keausan ban. Sebaliknya apabila tekanan ban berlebihan akan mengakibatkan keausan ban cuma pada bagian tengah ban.

2. Hindari cairan yang bisa merusak ban seperti minyak tanah, bensin, oli dll. Karena dapat merusak tekstur dari ban itu sendiri.

3. Pada dinding ban tertulis batas beban pengendara, sebisa mungkin jangan membebani motor dengan muatan yang berlebihan.

4. Usahakan jika parkir agak lama, cari tempat teduh. Karena panas dari sinar matahari langsung yang mengenai ban, akan merusak ban.

5. Gunakan standar tengah jika motor di parkir lumayan lama. Selain merusak shockbreaker, penggunaan standar sampir mengakibatkan hawa dingin lantai dapat merusak ban.

6. Hindari jalanan berlubang, karena ban motor mengadung serat yang terbuat dari nilon dan ada juga yang terbuat dari kawat. Jika terkena benturan keras atau mengenai jalanan rusak dan berlubang, serat tadi akan rusak dan biasanya ban akan benjol atau menggembung.



PERIKSA KELENGKAPAN KENDARAAN SEBELUM ANDA MELAKUKAN PERJALANAN