suzuki
smg

Penggantian V-Belt Matik SUZUKI

Jika sebelumnya saya membahas tentang Setting roller CVT pada matik SUZUKI, sekarang kita akan bahas jadwal penggantian V-Belt CVT pada matik SUZUKI. Penggantian V-Belt pada matik SUZUKI di lakukan setiap 30.500 km atau 3 tahun mana yang di capai lebih dulu. Tetapi untuk lebih mudahnya, keausan V-Belt dapat dikenali dengan retakan - retakan di dinding V-Belt bagian luar. Atau biasanya mekanik Beress memeriksa dan mengukur bagian luar V-Belt. Lebar minimal yang di masih di perbolehkan adalah 18,7 mm.

V-Belt CVT akan mudah rusak jika tidak di rawat. Perawatan V-Belt CVT sebenarnya cukup mudah, bersihkan kotak CVT secara rutin agar terhindar dari kotoran debu maupun air. Cara membersihkannya adalah dengan menyemprotkan angin dari pompa atau kompresor. Dan pada saat membersihkan kotak CVT, pastikan tangan anda bersih dari kotoran seperti oli dan grease. Karena oli dan grease akan mengakibatkan slip pada V-Belt dan juga bisa merusak material V-Belt sehinga akan mengurangi masa pakai.

Dan yang perlu di perhatikan lagi adalah arah rotasi dari V-belt jangan sampai terbalik, perhatikan arah penunjuk pada dinding luar V-Belt.

Meskipun harga V-Belt matik SUZUKI lebih mahal dari V-Belt matik pabrikan tetangga, tetapi masa pakai V-Belt Matik SUZUKI lebih lama.