Fungsi Relay yang sebenarnya

Banyak orang yang beranggapan dengan memasang relay pada lampu yang ber-Watt besar dapat menghemat konsumsi listrik dari aki bagi motor yang menggunakan sistem kelistrikan lampu depan DC. Lain halnya jika motor sobat memakai sistem AC atau dari spul langsung. Sekarang saya akan bahas tentang fungsi Relay yang sebenarnya, agar tidak ada anggapan keliru di masyarakat.

Fungsi Relay sebenarnya adalah membuat jalur kabel langsung dari aki tampa melewati Saklar atau switch. Keuntungan penggunaan Relay adalah arus listrik lebih besar karena langsung dari sumber (AKI). Keuntungan kedua adalah saklar atau tombol (switch) lebih awet karena tidak dialiri arus listrik yang besar.

Untuk pemasangan relay pada motor sangatlah mudah. Saya akan contohkan pemasangan relay pada klakson motor SUZUKI yang di modifikasi memakai klakson mobil atau biasa di sebut klakson stereo.

Perhatikan terminal relay yang baru anda beli, di sana pasti ada tulisan angka 30,85,86,87, untuk terminal 85 dan 86 sobat pasangkan ke kabel klakson bawaan motor. Untuk terminal 30, anda buat jalur kabel ke aki langsung tetapi dengan catatan berilah sekring (fuse) terlebih dahulu sebelum di sambungkan ke terminal positif AKI supaya aman apabila terjadi konsleting. Nah tinggal satu terminal lagi di relay yaitu 87, terminal 87 anda sambungkan dengan terminal positif klakson dan terminal negatif klakson anda sambungkan ke bodi motor. SELESAI............