suzuki
smg

Perawatan Motor Sebelum dan Setelah Touring

Persiapan Touring sangatlah penting, baik dari segi fisik dan mental pengendara maupun motor tunggangan. Tetapi hari ini saya akan membahas tentang Perawatan Motor Sebelum dan Setelah Touring, agar motor tetap prima selama perjalanan. Tetapi jangan khawatir untuk petouring SUZUKI, karena motor - motor SUZUKI sudah sangat terkenal tangguh baik di dalam negeri dengan SUZUKI Jelajah Negeri maupun kejuaran ketahanan motor di luar negeri.

Apa saja komponen yang harus di periksa dan di ganti dalam Perawatan Motor Sebelum dan Setelah melakukan Touring...??????

1. Sebagai petouring yang baik ganti pelumas kendaraan (oli) sebelum dan setelah melakukan Touring yang menempuh jarak 2.000km. Karena daya lumas dari oli akan berkurang jika motor dipakai dengan jarak tempuh yang jauh dan lama.

2. Bersihkan filter udara Sebelum dan Setelah Touring, karena kondisi saringan udara yang kotor akan membuat motor menjadi tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Mengapa saya menyarankan untuk membersihkan saringan (filter) udara, karena pada saat touring kita melalui jalan yang kotor dan berdebu terutama jalan Pantura.

3. Periksa perangkat pengereman, karena perangkat pengereman sangat vital dan intensitas pengereman yang tinggi pada saat Touring. Ganti kampas rem dengan yang baru jika telah tipis. Jika masih bagus kondisinya, cukup bersihkan saja.

4. Periksa kondisi rantai motor, Komponen ini sebagai penyalur tenaga mesin ke roda. Oleh karena itu butuh perhatian khusus, jika aus segera ganti dengan yang baru berikut gir depan dan belakang (gear set). Jika masih bagus cukup bersihkan saja dengan solar, lalu beri pelumas baru. Catatan: Pada saat touring wajib memberi pelumas setiap 500km, agar rantai tetap stabil dan periksa ketegangan rantai antara 12-25mm.

5. Periksa kondisi busi, meskipun pemeriksaan busi menurut anjuran setiap 3.000km. Lebih baik sebelum dan setelah melakukan Touring untuk memeriksa kondisi busi motor, bersihkan apabila kotor ditumpuki karbon dan ganti busi motor anda setiap 7.500km.

6. Bersihkan karburator motor anda untuk memaksimalkan pasokan bahan bakar ke ruang bakar. Sungguh tidak lucu apabila motor anda mogok saat touring cuma karena gara - gara karburator kotor.

7. Setel katup (klep) sesuai standar pabrik, karena biasanya setelah melakukan touring setelan klep akan mengendor, sehingga performa motor sedikit menurun.

Setelah semua di periksa silahkan anda memulai perjalanan anda, rasakan sensasi berkendara bersama SUZUKI.

NB: Jika anda tidak ingin ribet dengan semua hal yang ada di atas, silahkan percayakan perawatan kendaraan anda pada jaringan Bengkel Resmi SUZUKI (Beress) sebelum dan setelah Touring.....