Tips untuk Club agar diperhatikan oleh pihak SUZUKI

Artikel ini saya buat untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan dan pandangan miring club SUZUKI di Indonesia yang sering bilang pihak SUZUKI tidak memperdulikan bahkan mengabaikan Club - Club SUZUKI. Disini saya akan kasih Tips untuk club agar diperhatikan oleh pihak SUZUKI dan ini terbukti manjur selama saya menjabat menjadi ketua SMC Jember sejak tahun 2007.

Sejak tahun 2011, SUZUKI menerapkan kebijakan pasar bebas untuk jaringan penjualan SUZUKI. Dan sejak saat itu tidak ada main dealer lagi di suatu wilayah, semua bisa ekspansi ke kota manapun. Jika sebelumnya kita di bawah naungan Main dealer dan permohonan bantuan ditujukan kepada main dealer, sekarang kita harus lebih pro aktif dan independent (netral) untuk semua dealer.

Nah sekarang tips agar kita di perhatikan oleh pihak SUZUKI yang dituding tidak memperhatikan keberadaan club.

1. Tunjukkan keaktifan kita dengan jalan menghadiri setiap acara yang di adakan oleh pihak SUZUKI, Misalnya : Launching, Road show, Test ride, Traffic Showroom dll.

2. Jangan sakit hati apabila pengajuan proposal kita di tolak. Jika pengajuan proposal kita di tolak, kita siapkan 5 proposal lain untuk kita ajukan kembali.

3. Jangan sakit hati apabila bantuan yang setujui tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Jika itu terjadi turunkan level acara ke yang lebih rendah, jangan sia-siakan uang yang di berikan pihak SUZUKI.

4. Jangan membuat budget acara dalam proposal yang tidak masuk akal, misalnya: Acara ulang tahun club, tetapi budget/anggaran setara dengan launching nasional hehehehe....

5. Aktif mempromosikan produk - produk SUZUKI baik di wilayah sekitar anda maupun di internet.

6. Dan tips terakhir, karena pihak SUZUKI memasuki pasar bebas dan tidak ada main dealer. Kita sebaiknya membuat event organizer yang siap mensupport segala kegiatan dealer manapun yang membutuhkan bantuan kita dan 10% keuntungan masuk ke kas club.

Maaf tidak selamanya tips ini manjur, ada kalanya bantuan kita tidak sampai ke tangan kita. Salah satu contoh dana bantuan untuk acara ulang tahun SMC Jember yang ke-9 (25 mei 2011) sampai sekarang entah nyangkut dimana. Dan pihak SUZUKI Jember saling lempar tanggung jawab padahal kita telah menyerahkan laporan kegiatan berikut kwitansi bantuan dana, yaaa ikhlaskan saja............

LAKSANAKAN KEWAJIBANMU, BARU MENUNTUT HAKMU
SUKSES UNTUK SELURUH CLUB SUZUKI DI INDONESIA............