Bencana Lubang Ventilasi Tangki Motor

Ada kejadian lucu tetapi sangat menjengkelkan terjadi, motor tiba - tiba mogok tidak di ketahui sebabnya. Diperiksa pada sektor pengapian, busi memercikkan api dengan baik dan berwarna biru pertanda pengapian sempurna dan tidak mengalami masalah. Diperiksa kompresi mesin dengan cara menstater motor sambil lubang busi di sumbat pakai jempol tangan, ternyata daya hisap dan tekannya sangat baik.

Setelah di teliti beberapa saat, terlintas di pikiran jangan - jangan bensin habis. Maka di bukalah selang bensin yang menuju karburator sambil menyedot selang kran vakum bensin. Ternyata benar bensin tidak mengalir, pertanda motor kehabisan bensin. Tetapi yang mengherankan adalah pada indikator volume bensin menunjukkan bahwa bahan bakar dalam keadaan terisi setengah tangki.

Karena tidak percaya, akhirnya saya mengecek langsung ke tangki bahan bakar. Ternyata bensin memang tinggal setengah tangki. "Waduh jangan - jangan selang bensinnya yang tersumbat atau kran bensinnya tidak berfungsi dengan baik", pikir saya. Dengan berbekal peralatan seadannya maka saya bersiap untuk membongkar selang bensin. Tetapi keisengan saya timbul untuk mencoba menghidupkan motor kembali, eh ternyata setelah 4 kali starter motor kembali hidup dan normal seperti sedia kala. Tetapi setelah berjalan sekitar kurang lebih 10 km, motor kembali tersendat dan mati. Setelah saya analisa kembali, tidak mungkin selang bensing tersumbat jika sebelumnya motor bisa menempuh jarak 10 km.

Bisa jadi lubang ventilasi Tangki motor tersumbat. Setelah saya coba tiup lubang ventilasi udara tangki yang berada di tutup tangki. Alhamdulillah sampai sekarang motor tidak pernak mengalami gejala seperti di kejadian atas.

Inilah pengalaman pribadi saya yang mungkin bisa saja terjadi pada sobat biker's semua.....