suzuki
smg

Komstir dan kelengkapannya pada motor

Hari ini saya akan membahas tentang Komstir Pada Motor. Kebanyakan orang tidak memperhatikan komponen yang satu ini. Komstir bisa juga di sebut dengan rumah setir. Posisinya yang berada di depan sekali dan menyangga beban motor, mengakibatkan setingan komstir mudah berubah jika tidak di setting dengan benar.


Komstir juga berfungsi sebagai pemegang shockbreaker depan motor, sehingga pengaturan Rake dan Trial dapat di atur lewat komstir. Jadi para modifikator motor chopper sudah terbiasa merubah rake dan Trial lewat perubahan komstir. Tetapi ingat, perubahan rake & trial pada motor modifikasi dapat mengurangi kenyamanan dan stabilitas motor.

Komponen komstir mempunyai banyak komponen pendukung di selonsongnya. Komponen utama pada komstir adalah As atau poros komstir. Poros komstir di tanam pada segitiga bawah atau biasa di sebut T komstir. Nah segitiga atau T komstir inilah yang bertugas memegang shockbreaker depan motor.

Di ujung atas dan bawah selonsong komstir dilengkapi dengan bantalan peluru atau biasa di sebut peloran yang terbuat dari bola-bola baja. Dan pemasangan bantalan peluru diawali pada bagian bawah dan bantalan bagian atas di pasang belakangan. Diameter bantalan peluru bervariasi pada setiap motor, saya sarankan untuk membeli di jaringan bengkel resmi SUZUKI agar ukuran dan kwalitasnya terjamin.

Kerusakan pada komstir biasanya di karenakan rusaknya bantalan peluru atau rusaknya landasan atau rumah peluru.

Komponen berikutnya adalah tutup komstir, komponen ini berfungsi sebagai pencegah kotoran masuk ke komponen komstir. Posisinya berada di bagian atas komstir, dibawah baut pengunci.

Komponen selanjutnya adalah Baut pengunci Komstir, yang bertugas sebagai pengunci komstir. Tetapi sebelum baut pengunci ada komponen penting yaitu baut penyetel , nah baut penyetel komstir inilah yang menentukan seret atau longgarnya kemudi motor.