Macam kran bensin pada motor di Indonesia

Kran bensin sifatnya sangatlah penting untuk menjaga aliran bensin dari tangki motor. Tetapi sering kali para pengendara motor mengacuhkan bahkan melupakan peran dari kran bensin. Secara sistem kerja ada dua macam kran bensin pada motor di Indonesia.

Yang pertama adalah kran bensin model geser seperti kran air yang ada di rumah anda. Kran model ini biasanya diaplikasi pada motor model sport dan biasanya ada tulisan On, Off, dan Res. Pada saat kran posisi On, bensin akan mengalir dari tangki banah`n bakar melalui saringan bensin di kran. Posisi Off, aliran bensin berhenti. Dan Posisi Res (Reserve), berarti bensin cadangan yang berada di dasar tangki akan mengalir tampa melewati saringan. Hal inilah yang sering mengakibatkan jarum pelampung terganjal kotoran dan bensin pun luber ke luar karburator.

Yang kedua adalah kran bensin modek vakum, kran bensin ini biasanya ada pada motor underbone (bebek). Cara kerjanya adalah pada saat terjadi kevakuman di ruang bakar, kran akan membuka karena adanya kevakuman yang dihubungkan selang ke intake manifold. Jika masih belum mengerti nih aku kasih gambarnya..