Memeriksa kelengkapan Kopling Sentrifugal

Pada motor bebek(underbone) dan motor matic biasanya menggunakan perangkat kopling otomatis atau biasa di sebut kopling sentrifugal. Cara kerjanya adalah pada saat putaran tertentu kopling sentrifugal akan menekan rumah kopling sentrifugal. Nah, kopling setrifugal bisa jadi biang masalah apabila perangkat kopling sentrifugal mengalami keausan. Pada artikel sakarang saya akan bahas tentang keausan kopling sentrifugal dari motor bebek yang jarang di perhatikan oleh pemilik kendaraan.

Gejala - gejala yang di timbulkan hampir mirip dengan ausnya perangkat kopling (kampas, plat dan per) Seperti: Sulit pindah gigi perseneling, mesin sudah pada putaran tinggi tapi roda jalan di tempat (seperti slip koling), tranfer daya tersendat - sendat dll.

Jika ingin memeriksa, bongkar bak kopling sebelah kanan dan lepaskan kopling sentrifugal dari dudukannya. Periksa bagian per,ketebalan sepatu dan rumahnya. Jika perlu ganti dengan yang baru, koplhng sentrifugal milik SUZUKI Titan berkisar Rp 200.000,-. Jangan lupa rumah kopling sentrifugal juga wajib di periksa, apabila terjadi cekungan ratakan dengan ampelas halus. Apabila cekungan terlalu dalam usahakan di ganti saja, rumah kopling sentrifugal milik SUZUKI Titan berkisar Rp 172.700,-. Mengapa saya sarankan untuk di ganti, karena jika cekungan sudah terlalu dalam, sepatu kopling mempunyai jarak yang cukup jauh untuk mencapai rumah kopling sentrifugal dan memerlukan rpm tinggi. Akhirnya selain motor telat berakselerasi juga mengakibatkan boros bensin.