Air Scoop, pengarah udara

Tampa kita sadari, pada motor yang kita tunggangi sehari - hari ada komponen yang berfungsi mengarahkan udara yang berasal dari arah depan untuk mendinginkan mesin. Komponen pengarah udara tersebut lebih terkenal dengan sebutan air scoop. Selain pengarah udara sebagai pendingin mesin, air scoop juga bisa di fungsikan sebagai penangkap dan pengarah udara ke kotak filter udara.

Nah, kadangkala pengendara motor di Indonesia kurang mengerti akan pentingnya air scoop. Mereka biasanya melepas komponen airscoop yang menyatu dengan bodi motor, dengan alasan untuk mengurangi hambatan udara dari arah depan motor. Padahal alasan itu tidaklah benar, karena bodi motor saat ini di rancang aerodinamis sehingga hambatan udara sangat kecil.

Untuk motor berkapasitas mesin kecil, pentingnya air scoop memang kurang di rasakan. Karena pada motor berkapasitas mesin kecil, panas motor tidak terlalu tinggi dan kebutuhan udara pada kotak filter udara tidak terlalu banyak. Lain halnya pada motor besar yang memerlukan pendinginan mesin extra besar dan sampai - sampai membuat corong (air scoop) untuk memenuhi pasokan udara ke dalam kotak filter udara untuk kebutuhan pembakaran di mesin motor.

Untuk lebih jelasnya yuk kita lihat air scoop yang di aplikasi di motor - motor SUZUKI..