Awas Aki Terbalik

Bagi nada yang senang memodifikasi motor terutama yang berkaitan dengan kelistrikan, hati - hati dalam pemasangan kabel aki ke konektor aki jangan sampai terbalik. Sebenarnya kabel aki sudah dirancang sesuai ukuran jarak antara kabel aki ke konektor sehingga tidak mungkin terbalik, tetapi karena seringnya para modifikator mengonta - ganti aki dengan ampere yang lebih besar sehingga mau tidak mau mengganti kabel dengan yang lebih panjang. Nah, disanal`h awal petaka terjadi.....

Mengapa saya peringatkan pemasangan kabel aki jangan sampai terbalik, karena dapat merusak sistem kelistrikan motor. Terutama bagi motor yang telah memakai pengapian CDI-DC yang mengandalkan aki sebagai sumber listriknya. CDI dapat terbakar dengan terbaliknya kabel aki pada konektor.

Peringatan ini lebih keras lagi untuk motor yang memakai injeksi bahan bakar (FI). Karena terbaliknya posisi kabel aki ke konektor dapat merusak komputer pintar pengatur bahan bakar yang biasa di sebut ECM (electronic control module).

Berapa kerugian yang akan kita tanggung apalagi harga ECM selangit sampai mencapai diatas satu juta rupiah ditambah rusaknya CDI-DC, makin dalam saja anda merogoh kantong saku anda dengan kesalahan kecil yaitu terbaliknya pemasangan kabel aki pada konektornya.