Bahaya Setang Jepit Modifikasi

Saat ini banyak sekali para pemilik kendaraan bermotor yang mengganti setang standar mereka dengan setang jepit modifikasi. Mereka termakan model setang kemudi sport yang biasa di aplikasi pada motor - motor sport misalnya pada SUZUKI RGR dan SUZUKI Satria Fu 150. Tetapi setang modifikasi yang banyak beredar di pasaran tidak di lengkapi dengan nok penahan atau baut yang di tanam pada segitiga atas. Setang modifikasi hanya mengandalkan jepitan baut saja, sehingga resiko setang longgar sangat besar.

Hal ini sangat membahayakan keselamatan pengendaranya. Karena setang kemudi adalah pusat pengendalian arah motor melaju. Dan titik berat pada saat pengereman untuk motor sport ada pada setang kemudi. Coba anda bayangkan apabila saat melaju kencang, tiba - tiba ada seseorang menyeberang jalan. Tentu anda akan mengerem mendadak. Dan coba juga anda bayangkan pada saat anda melakukan pengereman, tiba - tiba salah satu setang jepit anda melonggar padahal pada saat itu anda menekan setang kemudi untuk melakukan pengereman, bisa di pastikan anda akan terjatuh karena keseimbangan anda dalam mengemudi hilang.

Untuk anda yang sudah terlanjur kebelet memakai setang jepit modifikasi yang ada di pasaran. Usahakan cari setang kemudi yang ada baut penahannya atau jika tidak ada buatkan plat penahan yang di baut pada segitiga atas pemegang shockbreaker. Ini bertujuan agar pada saat setang jepit melonggar masih ada plat penahan yang memegang setang jepit agar tetap pada posisinya. Sehingga keseimbangan anda dalam berkendara tidak hilang.












$0A
Contoh Setang Jepit yang memakai baut tanam di segitiga atas, sehingga lebih aman.