Cara menggabungkan 2 Aki pada Motor

Saat ini banyak sekali motor - motor yang di pasangi aksesoris mulai dari lampu, sirine sampai audio. Tetapi masalah mulai timbul seiring tidak seimbangnya penyimpan kelistrikan atau aki dengan konsumsi listrik pada motor dan segala aksesorisnya. Jika memang berkeinginan memakai aksesoris yang membutuhkan daya besar, sebaiknya menggunakan aki dobel saja. Aki pertama di gunakan untuk kebutuhan kelistrikan motor yang meliputi kelistrikan untuk pengapian, lampu sein, klakson, elektrik starter dll. Dan aki kedua di gunakan untuk kebutuhan kelistrikan aksesoris yang di pasang di motor.

Tetapi menggabungkan 2 aki harus di sertai pemasangan komponen diode silikon pada terminal positif aki pertama dan aki kedua. Hal itu untuk mencegah jika aki kedua tegangan listriknya turun akibat konsumsi listrik yang berlebihan dari aksesoris motor tidak mengganggu aki pertama yang menyuplai kebutuhan kelistrikan motor. Untuk besarnya ampere diode silikon mengikuti besarnya ampere aki. Jika aki 5 ampere, gunakan diode silikon 5 ampere saja sudah cukup.

Untuk pengisian kelistrikan yang berasal dari magnet akan mengisi aki pertama terlebih dahulu baru pengisian aki kedua. Dengan adanya diode silikon anda tidak perlu khawatir aki pertama anda tekor. Dan anda tetap bisa menggunakan elektrik starter tampa rasa was-was.

Jika anda masih bingung cara pemasangannya, silahkan lihat gambar...!!
Untuk posisi gelang putih pada diode silikon ada pada terminal positif Aki kedua atau aki B.















Keuntungan pemasangan diode silikon pada kedua aki di bandingkan mempararel langsung kedua aki :

1. Aki pertama tidak terganggu jika tegangan aki kedua turun.
2. Pengisian kelistrikan tidak seberat jika aki di pararel langsung.