Debu, Partikel kecil yang membahayakan bagi mesin

Debu adalah partile kecil tak kasat mata yang berterbangan di udara. Jika di biarkan lolos masuk ke dalam ruang bakar mesin, debu akan menumpuk dan mengeras yang akan membahayakan mesin itu sendiri. Maka dari itu di pasanglah filter udara dengan baik yang berfungsi menyaring debu yang terhisap oleh mesin bersama udara.

Filter udara pada kendaraan bermotor seperti halnya bulu-bulu halus yang berada di hidung kita yang bertugas menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke tubuh kita. Maka dari itu bersihkan filter udara secara rutin agar proses aliran udara ke ruang bakar tidak terhambat. Filter udara yang kotor akan menghambat volume udara yang dibutuhkan mesin, sehingga yang terjadi adalah campuran kaya bensin yang mengakibatkan motor boros bahan bakar.

Pada motor SUZUKI yang beredar di Indonesia ada dua jenis bahan filter udara. Ada yang berbahan spon (busa) ada juga yang berbahan kertas. Cara membersihkan dan ciri - ciri kerusakannya juga berbeda.

Untuk filter berbahan spon / busa cara membersihkannya adalah dengan cara mencuci dengan air bersin dan deterjen yang tidak mudah terbakar. Setelah itu di peras dan di angin - anginkan. Setelah busa kering olesi dengan sedikit oli pada busa untuk membatu menangkap debu. Untuk ciri - ciri kerusakannya adalah pori - pori busa kelihatan membesar pertanda busa filter waktunya di ganti.

Untuk filter berbahan kertas cara membersihkannya adalah dengan cara menyemprotkan udara bertekanan dengan alat air spray gun. Untuk tekanan udara jangan terlalu tinggi, karena dapat merusak kertas filter. Apabila kertas filter terkena oli atau air, segera ganti dengan yang baru. Karena kertas filter yang telah terkena oli atau air akan mudah rusak dan tidak efektif dalam menyaring udara.

Sebenarnya filter udara wajib di ganti setiap 20.000km. Tetapi masyarakat di Indonesia beranggapan, jika komponen motor belum kelihatan rusak tidak perlu di ganti.

Jika anda membersihkan filter udara, jangan lupa kotak filter udara juga di bersihkan. Karena kadang kala debu bersarang di kotak filter dan lama kelamaan menumpuk. Jika selesai membersihkan filter udara, pastikan klem perapat yang ada di karburator terpasang dengan benar, karena jika ada rongga sedikit saja debu gampang menyelinap masuk ke ruang bakar mesin.