Deteksi Motor Matic Suka Nembak

Banyak keluhan pada motor - motor matic suka nembak pada saat mengerem atau throttle gas di turunkan. Sangat berbeda jauh dengan motor bebek yang jarang terjadi ledakan di knalpot. Apa sebenarnya yang menjadi biang keladi timbulnya ledakan yang keluar dari knalpot tersebut dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab pertama yang sering memicu terjadinya ledakan pada knalpot motor matic biasanya di sebabkan oleh karet vakum pada karburator yang sudah mulai mengeras. Mengerasnya karet vakum karburator pada motor matic biasanya di sebabkan panas mesin berlebihan yang menyerang karburator atau sering terkena bensin pada saat dilakukan servis karburator.

Hal ini dapat diatasi dengan cara mengganti karet vakum karburator atau yang biasa di sebut dalam dunia spare part "diafragma". Harga karet vakum pada motor SUZUKI cukup terjangkau berkisar Rp 18.500,- (Skydrive). Tetapi yang disayangkan adalah motor matic buatan pabrikan tetangga yang laris manis, ternyata karet vakumnya menyatu dengan skep. Jadi untuk mengganti karet karburator saja, wajib mengganti satu set dengan skep karburator dan akhirnya harganya jatuh mahal.

"Makanya lebih baik beli motor matic SUZUKI"

Penyebab kedua yang biasanya sering terjadi adalah terjepitnya selang udara sekunder atau yang biasa di sebut PAIRS (Pulsed-secondary AIR-injection System). Perikasa semua selang yang berhubungan dengan PAIRS. Tetapi jangan sekali - kali menutup lubang PAIRS atau tidak memfungsikannya, karena akan membuat polusi sisa pembakaran yang di keluarkan knalpot akan menjadi lebih pekat dari biasanya.