Masa Inreyen Motor

Pada motor baru ada yang namanya masa Inreyen. Masa inreyen bisa di katakan masa penyesuaian komponen motor. Banyak orang yang berpendapat inreyen cuma pada mesin motor, padahal pada motor baru bukan cuma mesin yang ada masa inreyen-nya. Pada motor baru, komponen vital yang juga mengalami inreyen atau penyesuaian adalah kampas rem dan ban.

Untuk masa inreyen mesin sebelum 1.000km pertama dilarang keras mengendarai motor dengan rpm tinggi. Bagaimana jika motor tidak di lengkapi dengan rpm, untuk motor yang tidak di lengkapi rpm sebaiknya putaran throotle gas cukup setengah putaran saja, jangan di gas pol. Hindari juga muatan berlebih (berat) pada motor. Karena meskipun komponen baru yang saling bersentuhan dibuat presisi, tetapi kehalusan komponen masih tetap dianggap kasar. Apabila komponen dipaksakan bekerja dengan keras padahal permukaannya masih kasar, akan mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Keuntungan motor yang mengalami masa inreyen dibandingkan dengan motor yang tidak mengalami masa inreyen adalah:
1. Untuk jangka panjang motor akan terasa boros bahan bakar di bandingkan motor yang mengalami masa inreyen.
2. Komponen mesin akan cepat rusak jika dibandingkan motor yang mengalami masa inreyen.
3. Konsumsi oli lebih boros karena celah antara dinding silinder dengan piston lebih lebar di bandingkan motor yang mengalami masa inreyen.

Inreyen Kampas Rem

Pada kampas rem baru juga memerlukan masa inreyen paling tidak 500km. Karena pada kampas rem baru ada proses penyesuaian antara piringan cakram atau tromol dengan disk pad (kampas rem). Dan pada masa inreyen kampas rem juga terjadi proses pemampatan kampas rem sehingga kampas rem menjadi lebih keras yang mengakibatkan pengereman menjadi optimal. Saran saya atur jarak pengereman anda, karena pada kampas rem baru kinerja rem belum optimal.

Inreyen Ban Motor

Pada ban motor juga wajib mengalami masa inreyen paling tidak sama dengan inreyen kampas rem yaitu 500km. Inreyen pada ban di perlukan karena pada ban motor baru terdapat rambut ban sisa pencetakan ban yang dapat mengakibatkan kecelakaan. Untuk mempercepat prose inreyen ban, anda dapat menggunting rambut - rambut pada ban motor anda. Saran saya hindari pengereman mendadak, karena pada ban motor baru mudah tergelincir apalagi di tambah posisi jalan basah.