Mengenal Squish dan Dome pada cylinder head

Hallo berjumpa lagi setelah tiga hari tidak posting karena kesibukan kantor, hari ini saya akan mengenalkan apa yang di maksud dengan Squish dan Dome pada silinder head. Istilah ini sering kita dengar di dunia balap, karena sangat berpengaruh dengan performa motor. Karena apabila salah setingan dengan squish bukannya menaikkan performa malah menurunkan performa motor.

Pada squish ada istilah lebar squish, sudut squish, dan jarak squish dengan piston. Yang di maksud dengan lebar squish adalah lebar dari irisan dari bibir silinder head sampai bibir dome. Sudut squish adalah derajat kemiringan squish diukur dari rata kepala silinder. Dan Jarak squish adalah jarak aman piston dengan squish, karena apabila jarak ini tidak diatur dengan baik piston akan berbenturan dengan kepala silinder. (Lebih jelasnya lihat gambar)

Fungsi Squish adalah sebagai pengarah turbulensi campuran bahan bakar dan udara pada dome agar terbakar sempurna. Dan fungsi lainnya adalah sebagai pemampat kompresi motor agar kompresi lebih tinggi, oleh sebab itu banyak mekanik balap yang memapas silinder head dan mengatur ulang squish untuk mendapatkan kompresi tinggi pada motor.

Yang di maksud DOME pada silinder head adalah kubah tempat terbakarnya campuran bahan bakar. Bentuk dome atau kubah di pengaruhi oleh sudut kemiringan klep, semakin kecil volume kubah semakin tinggi kompresi mesin.