Mengenal Throttle Position Switch - TPS

Beberapa waktu yang lalu para blogger mengadakan uji jalan motor - motor baru terutama motor matic. Hal ini bertujuan untuk mengukur akselerasi dan konsumsi bahan bakar. Ada dua tipe pengujian di warung yang berbeda, ada yang menguji kendaraan dengan cara econo riding atau berkendara ekonomis dan ada juga yang menguji dengan gaya anak jalanan.

Untuk akselerasi SUZUKI NEX yang menjadi juaranya dengan catatan waktu 7,2 detik untuk mencapai kecepatan 0-60km/jam (sumber: http://triatmono.wordpress.com/). Dan untuk konsumsi bahan bakar pada uji yang lain, konsumsi bahan bakar SUZUKI NEX mencapai 80km/liter mengalahkan motor yang menggunakan tehnologi injeksi bahan bakar(sumber:http://tmcblog.com/). Sungguh sangat membanggakan dengan hasil yang di peroleh oleh SUZUKI NEX. Apakah rahasia di balik kehebatan SUZUKI NEX.

Ternyata rahasianya ada pada sensor yang ada di karburator SUZUKI NEX. Sensor tersebut bernama Throttle Position Switch atau biasa di singkat dengan TPS. Sensor ini bekerja pada saat motor melakukan akselerasi, ketika sensor ini tersentuh throttle, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke CDI untuk mendapatkan derajat pengapian yang selaras dengan putaran mesin. Selanjutnya sinyal diteruskan ke ignition coil, agar pembakaran diruang bakar oleh busi menjadi lebih sempurna, sehingga penghematan pemakaian bahan bakar dan reduksi emisi gas buang bisa tercapai.

Penghematan bahan bakar akan dicapai apabila saat berkendara pembukaan throttle gas dilakukan dengan cara diurut bukan dihentak. Karena CDI akan mebaca dua kondisi yaitu kondisi pemakaian normal dan pemakaian tidak normal. Kategori pemakain tidak normal yaitu pembukaan tuas gas sering dihentak biasanya untuk mendapatkan resposif pada saat akselerasi alias gaya anak jalanan.

Throttle Position Switch pertama kali di aplikasi pada motor SUZUKI New SHOGUN 125 (FL 125 series) dilanjutkan pada motor SUZUKI Smash TITAN, SUZUKI Shogun AXELO dan saat ini di aplikasi pada motor matic terbaru SUZUKI yaitu SUZUKI NEX.

SUZUKI telah membuktikan dengan teknologi Throttle Position Switch dapat mengalahkan konsumsi bahan bakar motor injeksi pabrikan tetangga.

SUZUKI MASIH TETAP YANG TERBAIK......