Pajak STNK Mati, Jangan Mau di Tilang

Ada pengalaman lucu pada saat saya touring melewati kota yang terkenal dengan kain batiknya. Pada saat itu ada operasi dari pihak kepolisian, semua kendaraan roda dua di berhentikan termasuk saya. Setelah semua orang di depan saya diperiksa tiba giliran saya yang di periksa "Selamat pagi, bisa saya lihat surat - surat kendaraannya dan SIM" ucap Bapak Polisi.

Akhirnya saya mengeluarkan STNK dan SIM saya, setelah di periksa ternyata pajak STNK motor SHOGUN SP saya tidak terbayar hampir 2 tahun dan Bpk. Polisi yang memeriksa STNK & SIM saya berucap " Maaf Bapak, Pajak STNK motor bapak terlambat bayar 2 tahun" sambil mengambil bendelan surat Tilang.

"Bapak saya tilang, silahkan Bapak hadir di pengadilan negeri hari kamis besok" ucap Bpk. Polisi yang memeriksa saya. " Mohon Maaf Bapak bukannya STNK saya masih berlaku, khan cuma pajaknya saja yang telat di bayar, coba Bapak periksa logo pada slip pajak tertulis DISPENDA, dan pada STNK 5 tahun bergambar logo kepolisian (pada saat itu masih bergambar logo kepolisian Indonesia). Jadi Bapak tidak berhak menilang saya karena pajak motor saya telat bayar, karena itu urusan DISPENDA. Nah, jika STNK 5 tahunan saya yang melewati jatuh tempo Bapak boleh menilang saya, karena pada STNK terdapat logo Kepolisian Indonesia" cerocos saya membela diri

Dan akhirnya Bapak Polisi yang memeriksa saya berkonsultasi dengan kepala operasi saat itu. Setelah lama berbicara dengan komandannya akhirnya Bpk. Polisi yang memeriksa saya menghampiri dan berucap" Ya sudahlah, hati - hati di jalan ya.."

Akhirnya saya lolos dari Tilang Polisi, karena cuma Pajak STNK motor yang terlambat bayar...