Tidak semua Spare Part di Produksi Pabrikan Motor

Salam SUZUKI, hari ini saya akan share tentang tidak semua spare part yang melekat pada motor di produksi oleh pabrikan motor. Ada spare part pendukung yang biasanya di suplai oleh pabrikan pembuat komponen pendukung yang telah di percaya pabrikan motor untuk memproduksi komponen - komponen pendukung pada motor. Apa saja komponen pendukung yang biasanya di produksi pabrikan di luar pabrikan motor. Mari kita share bersama, maaf jika terpaksa menyebut merk (bukan promosi lo..).

1. Ban
Komponen yang satu ini sangat vital untuk menjaga kestabilan motor. Biasanya motor SUZUKI Indonesia menggunakan BAN yang di produksi oleh pabrik ban PT.Gajah Tunggal.Tbk yang memproduksi Ban IRC. Pernah juga pada tahun 2000-an SUZUKI memakai ban dengan merk Dunlop yang di pasang pada motor SUZUKI New Shogun 110.

2. Shock Breaker
Komponen shock breaker atau yang biasa di sebut dengan peredam kejut pada motor - motor yang di produksi di Indonesia biasanya memakai shock breaker yang telah memiliki nama besar di dunia pabrikan shock breaker, seperti Showa dan Kayaba.

3. Rem cakram
Komponen penghenti laju roda ini juga tidak di produksi di pabrikan motor. Pabrikan motor biasanya memesan langsung ke pabrikan rem cakram, contohnya pada motor SUZUKI yang memakai kaliper Nissin dan piringan cakram Sun Star. Tetapi untuk kampas rem tromol masing - masing pabrikan motor telah memproduksi sendiri.

4. Velg (Cast wheel)
Untuk masalah velg biasanya pabrikan motor melakukan kerjasama dengan pabrikan velg. Pabrikan motor yang mengajukan modelnya, pabrikan velg yang memproduksi. Contohnya: pada motor SUZUKI New Shogun 125, di velg tertera logo SUZUKI dan pabrikan velg Enkei.

5. Busi
Untuk maslah busi bisa di katakan semua pabrikan motor memakai komponen yang di produksi oleh pabrikan busi meskipun kadang pada dos pembungkus busi di labeli logo pabrikan motor. Jika melihat dari buku pedoman pemakaian motor SUZUKI, SUZUKI merekomendasikan pemakaian 2 merk pabrikan busi yaitu NGK dan denso

6. Aki (accu)
Biasanya media penyimpan dan penyetabil tegangan listrik (aki) yang di gunakan oleh pabrikan motor ada 2 merk terkenal yaitu GS dan Yuasa. Tetap tidak meutup kemungkinan memakai merk aki di luar yang saya sebutkan tadi.

7. CDI (pengapian)
Untuk sistem pengapian biasanya pabrikan motor mempercayakan kepada pabrikan pendukung seperti denso dan shindengen.

8. Reflektor dan mika lampu
Jika anda mempunyai motor jadul, perhatikan mika dan reflektor lampu motor anda pasti tertlis KGD. KGD adalah perusahaan pendukung juga yang mensupport keperluan mika lampu dan reflektor. Tetapi kok motor - motor sekarang tidak ada tulisan KGD, berarti telah di produksi sendiri oleh pabrikan motor.

9. Bohlam lampu
Untuk Bohlam lampu biasanya pabrikan motor memakai bohlam merk chiyoda dan osram yang dikemas bagus dengan label masing - masing pabrikan motor.

10. Karburator
Pengabut bahan bakar juga tidak di produksi oleh pabrikan motor, biasanya karburator motor di Indonesia memakai salah satu dari 2 merk karburator terkenal Mikuni dan Keihin.

Meskipun diproduksi pada pabrikan berbeda, komponen - komponen tersebut diatas telah melewati pengujian standar yang di tetapkan oelh pabrikan motor. Jadi tidak perlu khawatir dengan kwalitas komponen yang terpasang pada motor anda. Maaf jika masih ada part pendukung yang tidak saya sebutkan, karena pada saat pembuatan postingan ini mata berat pengen tidur. Tidur dulu ach........