60 Tahun produksi SUZUKI

60 Tahun sudah SUZUKI memproduksi motor untuk masyarakat seluruh dunia. SUZUKI memproduksi massal motor berbasis sepeda pada tahun 1952 dan di beri nama power free 36cc. Setahun sebelumnya SUZUKI telah membuat motor prototipe yang diberi nama ATOM tetapi ATOM tidak diproduksi massal. Nah, untuk lebih jelasnya saya akan bercerita tentang berdirinya pabrikan motor SUZUKI sejak awal berdiri.

Suzuki Motor Company didirikan oleh Michio Suzuki, putra petani katun di Jepang. Dia lahir di Hamamatsu, sebuah kota kecil 200 km dari Tokyo, pada tahun 1887. Pada tahun 1909, pada usia 22, ia membuat sebuah alat tenun yang digerakkan oleh pedal kayu, dan mulai menjual produknya "Suzuki Loom Works". Bisnisnya terus berkembang dan Michio Suzuki juga terus berinovasi membuat mesin tenun pembuat kain sutra yang jauh lebih canggih dari mesin sebelumnya.

Sebelas tahun kemudian 1920, Michio Suzuki memperkenalkan mesin buatannya kepada pasar. Sehingga Michio Suzuki membutuhkan modal untuk dapat melakukan ekspansi usaha untuk memenuhi tuntutan pasar yang berkembang.Pendirian Suzuki Loom Manufacturing Company (Suzuki Jidosha Kogyo) pada Maret 1920 dianggap sebagai awal dari Suzuki Motor Company yang kita kenal hari ini. Perusahaan ini merayakan 80 tahun ulang tahun pada tahun 2000.

Suzuki Loom Manufacturing Company mendapatkan modal yang dibutuhkan untuk investasi dan membuat perusahaan ini berkembang cepat. Dan pada tahun 1922 Suzuki Jidosha Kogyo menjadi salah satu produsen alat tenun terbesar di Jepang. Pada tahun 1926 Suzuki Loom Manufacturing Company mulai berhasil mengekspor alat tenun ke Asia Tenggara dan India.

Pada tahun 1938 Suzuki membuat prototipe pertama mobil, meniru Austin Seven. Tim peneliti Suzuki membeli sebuah Austin dari Inggris, dibongkar dan mempelajarinya dan beberapa bulan kemudian mampu membuat replika dari mobil 737cc Brittish. Para ahli teknik Jepang telah memiliki dasar teknik, meskipun hasil mencontoh dari mesin - mesin mobil eropa. Tetapi sayangnya prototipe replika dari mobil austin seven tidak diproduksi massal oleh SUZUKI.

Setelah perang dunia usai yang membuat Jepang kacau balau diikuti pembangunan kembali ekonomi negara Jepang yang hancur, karena pemogokan dimana - mana. Membuat Suzuki Loom Manufacturing Company pada akhir 1940-an dan awal 1950-an mengalami krisis keuangan pasca perang dunia dan hampir menghancurkan perusahaan SUZUKI.

Tetapi pada November 1951, para insinyur SUZUKI Loom Manufacturing Company mulai bangkit dengan mendesain mesin motor yang melekat pada sepeda. Prototipe pertama adalah ATOM, dan motor yang diproduksi massal pertama adalah Power free. Konfigurasi mesin 36mm X 36mm, 2langkah, kehebatan lainnya adalah SUZUKI Loom Manufacturing Company membuat komponen sendiri seperti karburator, dinamo dan roda gila tidak seperti kompetitor lainnya yang mengambil dari supplier komponen.

Untuk melihat motor - motor clasic SUZUKI silahkan klik disini...!!!!