Bedah perut knalpot 4 tak

Hari ini kita akan bahas tentang isi dari perut knalpot, ada apa saja dan bagaimana konstruksi sebenarnya dari knalpot motor 4 tak jika kita bedah. Knalpot motor 4 tak berfungsi sebagai peredam suara ledakan yang dikeluarkan oleh ruang bakar, membantu tendangan balik katup/klep dan sebagai tempat pengurai polusi udara yang di hasilkan pembakaran dalam mesin.

Knalpot standar motor terdapat lebih dari 2 sekat, sekat - sekat itulah yang berfungsi meredam suara keras yang dihasilkan oleh gas buang yang bertekanan tinggi. Untuk model dan banyaknya sekat knalpot tergantung dari desain knalpot motor. Seperti halnya pada knalpot motor matic yang pipa peredamnya dibuat meliuk seperti huruf S karena tabung peredam suaranya dibuat pendek.

Tetapi kadang kala knalpot standar motor dimodifikasi menjadi knalpot free flow atau bebas hambatan dengan cara membuang sebagian atau seluruh bagian sekat knalpot. Ini bertujuan agar gas buang yang dihasilkan ruang bakar langsung di lepaskan ke udara bebas, sehingga tenaga motor meningkat. Akan tetapi efek yang ditimbulkan adalah suara berisik dan tidak adanya tendangan balik pada knalpot.

Di dalam knalpot juga terdapat lempengan beberapa jenis logam yang disusun agar dapat menguraikan polusi udara yang dihasilkan ruang bakar dan komponen tersebut lebih dikenal dengan sebutan catalytic converter. Tetapi karena logam tersebut akan rusak jika terkena timbal (timah hitam) yang di hasilkan oleh sisa pembakaran, maka dari itu akhir - akhir ini pihak pabrikan motor membuat catalytic converter dengan mendesain knalpot dengan pipa mirip sarang lebah contohnya pada motor SUZUKI SPIN 125 (lihat gambar)