INAZUMA gagal Launching di Indonesia, jika...

Info terbaru pemerintah berencana akan mengeluarkan aturan pelarangan penjualan motor di Indonesia dalam bentuk Completely Build Up (CBU) atau impor motor secara utuh pada APM (Agen Pemegang Merk) produsen motor di Indonesia, setelah MA mencabut pasal 2 ayat (1) juncto pasal 1 angka 3 Permendag 39/2010 tentang Ketentuan Impor Barang Jadi (CBU) oleh produsen motor di Indonesia.

Hal ini akan berpengaruh dengan akan di luncurkannya motorsport baru SUZUKI Indonesia yang diimpor langsung dari negeri CHINA yang bernama INAZUMA (GW-250). Bukan cuma SUZUKI Indonesia yang akan terkena imbasnya, pabrikan motor tetangga yang lebih dulu mengimpor motorsport dan matic premiumnya akan terkena imbas dari kebijakan tersebut.

Jika hal ini sudah ditetapkan, mau tidak mau APM motor Indonesia termasuk SUZUKI akan merakit motor-motor yang pertamanya diimpor utuh menjadi CKD(completely knocked down) atau dirakit di Indonesia. Kemungkinan besar tujuan pemerintah untuk menekan pihak pabrikan motor yang ada di Indonesia agar menambah investasinya di Indonesia yang akan berimbas dengan penambahan tenaga kerja baru. Atau saat ini pemerintah melihat persaingan tidak sehat antar APM di Indonesia yang mulai berlomba - lomba untuk mengimpor motor dari negara - negara tetangga.

Mudah - mudahan peraturan ini secepatnya ditetapkan agar kita merasakan nikmatnya motorsport produksi sendiri seperti halnya motor matic dan bebek yang beredar di Indonesia.

Ma'af untuk pihak pabrikan motor, saat ini saya lebih mendukung pemerintah dalam kebijakan ini......