Kegunaan Tutup Pentil Ban Motor

Beberapa waktu yang lalu seorang teman menuliskan status di dinding FB-nya yang berisi bahwa dia terkena razia polisi karena tutup pentil ban motornya tidak terpasang (tidak ada). "Apa sih fungsinya dari tutup pentil, wong cuma perkara tutup pentil saja di permasalahkan" dia berdalih.

Apa sih sebenarnya kegunaan atau fungsi dari tutup pentil ban motor..??????

Pentil Ban motor berfungsi sebagai :

1. Penahan keluarnya angin dari dalam ban apabila terjadi kebocoran klep pada pentil ban.

2. Mencegah kotoran / debu masuk ke dalam pentil ban, karena apabila kotoran masuk ke pentil dan mengganjal klep akan mengakibatkan kebocoran pada pentil ban.

3. Menahan keluarnya angin seketika pada saat terjadi kegagalan fungsi klep pentil yang dapat mengakibatkan kestabilan motor hilang karena angin keluar seketika.

Oleh karena itu periksa tutup pentil motor anda apakah telah terpasang sempurna atau longgar. Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah tidak pernah memeriksa kembali tutup pentil ban motor kita setelah melakukan penambahan angin di penambahan angin pinggir jalan. Celakannya lagi tukang tambah angin pinggir jalan sering lupa untuk memasang lagi tutup pentil motor kita.

Padahal kita tahu pada saat berkendara, motor kita bertumpu pada ban yang didalamnya cuma diisi angin saja. Oleh karena itu rawatlah ban motor kita dan periksa secara rutin tekanan udara dalam ban, minimal 2 minggu sekali. Karena meskipun tidak ada kebocoran pada ban, lama - kelamaan udara dalam ban akan berkurang karena tekanan beban berat motor dan pengendara.