Alasan SUZUKI menghilangkan teknologi SCEM pada NEX

Banyak sekali SUZUKI LOVER'S yang menanyakan mengapa pabrikan SUZUKI Indonesia menghilangkan teknologi silinder tahan gores (SCEM) yang biasa dipakai pada motor matic SUZUKI dengan liner silinder berbahan besi tuang (liner konvensional) pada SUZUKI NEX. Padahal teknologi SCEM merupakan langkah maju yang dilakukan pabrikan SUZUKI Indonesia disaat pabrikan motor lain masih memakai liner besi pada silinder mesinnya.

Apakah ini suatu kemunduran dari teknologi SUZUKI......??????

Akan saya coba jawab menurut versi saya (maaf bukan versi pabrikan SUZUKI loh....)

1. SUZUKI menggunakan liner besi pada SUZUKI NEX bertujuan untuk menekan biaya produksi. Karena tujuan pembuatan dari SUZUKI NEX adalah motor matic murah tetapi tetap dengan kontrol kwalitas yang tinggi. Jika pabrikan SUZUKI Indonesia memaksakan diri memakai teknologi SCEM pada SUZUKI NEX seperti halnya matic - matic SUZUKI sebelumnya, hampir bisa dipastikan harga jual SUZUKI NEX sulit bersaing dengan motor matic kompetitor yang memakai liner besi pada silinder blok mesinnya.

2. Alasan kedua menurut saya, SUZUKI menggunakan liner besi pada SUZUKI NEX untuk menjawab keluhan - keluhan para tuner balap yang kesulitan dalam membore-up motor - motor matic SUZUKI sebelumnya(SPIN, SKYDRIVE, HAYATE). Karena teknologi silinder tahan gores (SCEM) tidak dapat di oversize seperti halnya silinder liner besi. Dengan memakai liner besi pada silinder SUZUKI NEX, para tuner balap dapat mencangkokkan piston segede gajah untuk meningkatkan kapasitas mesin.

3. Alasan ketiga menurut saya adalah SUZUKI memberikan 2 pilihan kepada konsumen. Jika ingin motor matic SUZUKI berteknologi silinder tahan gores (SCEM), silahkan pilih SUZUKI SKYDRIVE 125 atau SUZUKI HAYATE 125 dengan konsekwensi harga yang ditawarkan relatif lebih tinggi dari motor kompetitor yang menggunakan silinder liner besi. Jika menginginkan motor matic murah dan mudah di tingkatkan kapasitas mesinnya, silahkan pilih SUZUKI NEX.

Mungkin itu saja dulu jawaban saya, jika kurang puas silahkan langsung tanya ke pabrikan SUZUKI.....
Hehehehehe......