Analisa ConRod / Setang piston Patah

Banyak sekali pertanyaan ke kami tentang Setang seher / setang piston (conrod) yang patah pada motor yang telah di stroke-up dengan jalan memajukan Big pen pada as-kruk atau poros engkol. Faktor apakah yang penyebabkan hingga setang seher / stang piston (conrod) bisa menjadi patah, apakah kesalahan Teknisi/mekanik ataukah bahan pembuat conrod-nya yang tidak kuat.

Mari kita bahas, tapi menurut analisa sebatas pengetahuan saya....

Selain dari bahan pembuatan yang menentukan kekuatan setang piston, konstruksi dari setang piston juga berpengaruh. Apalagi motor standar yang dipaksa dijadikan motor balap.

Setang piston harus bekerja extra, menahan dorongan piston pada saat langkah usaha, melawan kompresi ruang bakar pada saat langkah kompresi dan terjadi peregangan pada saat langkah isap.

Nah, apabila big-pen di geser keluar untuk mendapatkan langkah piston yang lebih panjang, secara otomatis sudut yang dihasilkan akan semakin melebar. Dan yang paling berpengaruh dengan patahnya setang piston adalah pada saat setang piston melakukan tekukan pada saat merubah gerak lurus menjadi gerak putar.Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar....!!!!!!!!!!!